Home Dapur Kita Resep Sambal Soto Banjar

Resep Sambal Soto Banjar

285
0
Resep Sambal Soto Banjar – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya. Baik itu sumber daya alam, budaya, bahkan sampai insan sebab negara ini terdiri dari ribuan suku yang tersebar dari ujung sabang sampai merauke.

Sumber: resepmasakanindonesia.me


Namun bukan hanya sebab itu, Indonesia dikenal luas. Karena salah satu hal yang membuat Indonesia populer yaitu keragaman makanan dengan cita rasa yang berpengaruh dan lezat. Ada banyak makanan khas yang hanya dapat anda temukan di Indonesia, selain rendang salah satu makanan yang populer yaitu soto.

Soto yaitu sebuah kuliner yang terdiri dari banyak sekali materi menyerupai irisan daging, keroket, sayuran, mie dan materi lainnya yang kemudian disiran dengan kuah baik itu kuah bening atau kuah santan. Bahkan saking populernya, ada banyak tempat yang memiliki soto khas-nya masing-masing. Biasanya soto terbagi dari dua jenis yaitu soto daging atau soto ayam. Soto ayam yaitu soto yang isinya yaitu suwiran daging ayam goreng. Soto ayam ini terdiri dari beragam jenis mulai dari soto banjar, sroto dari Banyumas, sampai soto ayam Ambengan dari Jawa Timur.

Biasanya meski berasal dari tempat yang berbeda dengan materi dan bumbu yang berbeda, soto ayam hampir selalu berisi suwiran ayam, irisan telur, soun, kol, dan tauge. Namun ternyata selain beberapa materi diatas, ada beberapa makanan atau perhiasan soto yang unik dan mampu anda tambahkan pada resep soto buatan anda. Dan menyerupai yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini 3 Bahan Pelengkap Unik Untuk Soto Ayam!

3 Bahan Pelengkap Unik Untuk Soto Ayam


1. Klethuk

Sumber: tokopedia.com


Mungkin anda merasa abnormal dengan materi perhiasan soto ayam yang pertama. Klethuk memang tidak populer, namun materi ini seringkali jadi perhiasan untuk soto blora. Klethuk yaitu singkong yang dikukus, dipotong kecil-kecil dan kemudian digoreng sampai kering. Nama klethuk sendiri diambil dari bunyi yang keluar dikala kita menggigitnya.


2. Kerupuk karak

Sumber: cookpad.com


Next ada kerupuk karak yang sering jadi materi perhiasan bagi soto karak dari Temanggung. Kerupuk karak ini terbuat dari nasi yang ditumbuk, dibentuk kemudian dikeringkan. Lalu setelah kering, kerupuk digoreng. Biasanya kerupuk karak ini ditambahkan pada soto karak untuk menunjukkan tekstur pada soto.


3. Sate kerang

Sumber: masakandapurku.com


Bukan hanya suwiran daging ayam yang bikin rasa soto makin enak, bahkan kerang dara pun cocok untuk menemani anda menyantap hidangan ini. Sate kerang biasanya menjadi perhiasan untuk soto kudus atau soto bangkong. Sate kerang sendiri yaitu kerang dara yang sudah dilumuri jeruk nipis. Setelah itu kerang ditumis dengan irisan cabai merah, bawang merah, bawang putih dan jahe sampai meresap. Kemudian kerang ditusuk dengan bacokan sate dan dipanggang sebentar.

Selain untuk soto bangkong, kudus, karak, atau blora, tiga materi perhiasan diatas juga enak untuk jenis soto lainnya salah satunya yaitu soto banjar. Dan biar rasa soto banjar makin sempurna, rasanya tidak lengkap jikalau kita tidak menambahkan resep sambal soto banjar pada hidangan. Nah untuk anda yang berencana membuat soto banjar untuk makan siang besok, yuk lengkapi hidangan anda dengan Resep Sambal Soto Banjar dibawah ini!

Resep Sambal Soto Banjar


Bahan-bahan:
12 buah cabai merah keriting
4 siung bawang putihResep Sambal Soto Banjar
1 sdt garam halus
2 sdm minyak jelantah

Cara membuat:
1. Kukus cabai sampai matang, angkat dan tiriskan.
2. Haluskan cabai dengan bawang putih, minyak goreng, dan garam sampai lembut dan memiliki tekstur menyerupai sambal.
3. Tuang sambal yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Bagi anda yang suka pedas, anda tidak boleh melewatkan Resep Sambal Soto Banjar sebagai perhiasan untuk soto buatan anda. Rasanya yang pedas ditambah sedikit perasan air jeruk nipis akan membuat rasa soto semakin segar dan semakin enak dinikmati sebagai menu makan siang. Selamat mencoba!
Rekomendasi :   Resep Sambal Daun So (Melinjo)