Resep Sambal Cuka Kecap Asin

0
132
Resep Sambal Cuka Kecap Asin – Cuka mungkin bukanlah bumbu gres bagi anda. Terutama kalau anda suka makan bakso pedas, nah anda pasti tahu kalau cuka adala salah satu bumbu bakso yang membuat rasa kuah bakso semakin mantap.

Sumber: srikandibroad.com


Cuka sendiri yaitu senyawa kimia asam organik yang dikenal luas sebagai materi pemberi rasa asam dan aroma pada makanan. Selain bakso, cuka juga digunakan untuk banyak sekali jenis makanan, supaya rasa makanan tersebut lebih segar alasannya yaitu rasa asam dari cuka. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, cuka juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika di Indonesia, cuka lebih sering dimanfaatkan sebagai bumbu, di Eropa sana cuka selain dapat membuat rasa kuliner jadi enak juga dikenal sebagai obat yang bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit. Nah penasaran kan, apa saja sih manfaat cuka sampai banyak orang barat memanfaatkannya sebagai obat dibandingkan bumbu? Seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 6 Manfaat Cuka Bagi Kesehatan!

6 Manfaat Cuka Bagi Kesehatan


1. Mengurangi berat badan

Sumber: rampingherbal.com


Cuka memiliki kadar kalori yang rendah. Selain itu ternyata cuka juga dapat membantu anda mengurangi berat badan. Caranya yaitu dengan menambahkan cuka sedikit pada makanan anda.


2. Menurunkan kolestrol

Sumber: bantakcerita.com


Cuka juga ternyata bisa menurunkan kadar kolestrol, terutama cuka apel atau cuka yang berasal dari sari buah apel. Ini alasannya yaitu cuka apel mengandung banyak serat yang akan membantu tubuh anda untuk menurunkan jumlah kolestrol yang ada didalam tubuh.


3. Mengilangkan perih

Sumber: detik.com


Banyak orang kulit putih yang memanfaatkan waktu liburan di negara tropis dengan berjemur selama berjam-jam untuk menerima kulit kecoklatan. Namun nyatanya berjemur terlalu lama juga akan membuat kulit anda jadi perih. Untuk mengatasinya anda bisa mengoleskan cuka ke kulit kemerahan jawaban berjemur.


4. Meningkatkan absorpsi kalsium

Sumber: klikdokter.com


Cuka mengandung kadar asam asetat yang tinggi, dan asam asetat inilah yang akan membantu tubuh meningkatkan absorpsi kalsium dan mineral dalam tubuh.


5. Menghilangkan racun pada makanan

Sumber: rockingmama.com


Pestisida yaitu salah satu zat pengusir hama yang sering digunakan pada sayur maupun buah. Namun disisi lain, pestisida juga sangat berbahaya bagi tubuh. Itulah kenapa setiap kali membeli buah dan sayuran, anda selalu disarankan untuk mencuci buah dan sayuran. Selain mencuci, anda juga bisa menghilangkan racun pestisida dengan mencuci buah sayuran menggunakan cuka. Cara ini akan membantu menghilangkan pestisida dan banyak sekali racun kimia lainnya. Sehingga ketika dikonsumsi buah dan sayuran bebas dari racun pestisida.


6. Mengontrol kadar gula darah

Sumber: netdoctor.co.uk


Bagi anda yang menderita diabetes tipe 2, cuka ternyata bisa mengontrol kadar gula darah anda supaya tetap normal. Ini tentu akan membantu anda memperkecil resiko terjadinya komplikasi diabetes ibarat impotensi yang dapat menjadi penyebab amputasi.

Nah untuk anda yang sering menambahkan cuka pada masakan, anda juga bisa lho mengolah cuka dengan cara lain yaitu mengolahnya menjadi sambal. Dan berikut ini Resep Sambal Cuka Kecap Asin yang bisa anda coba!

Resep Sambal Cuka Kecap Asin

Resep Sambal Cuka Kecap Asin
Bahan-bahan:
1 sdt cuka masak
60 ml kecap asin
60 ml air matang
12 buah cabai rawit hijau
1/4 sdt vetsin
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt gula pasir
1 sdt garam halus

Cara membuat:
1. Blender cabai rawit dengan vetsin, air, gula pasir, dan garam. Proses sampai lembut.
2. Kemudian tambahkan kecap asin, bawang putih dan cuka masak, aduk rata. 
3. Terakhir, tuang resep sambal cuka kecap asin yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Mungkin anda bertanya-tanya, makanan apakah yang cocok untuk Resep Sambal Cuka Kecap Asin ini? Sekedar informasi, anda bisa menyajikan sambal ini untuk sajian seafood ibarat kerang rebus, udang atau kepiting rebus. Selain memperlihatkan rasa pedas pada seafood, cuka yang ada di sambal ini juga akan menghilangkan aroma busuk pada seafood. Selamat mencoba!
Rekomendasi :   Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta