Home Dapur Kita Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali

Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali

237
0

Resep Masakan Ikan (Resep Masakan Khas Bali) – Halo Sahabat Resep.. Senang rasanya saya mampu menunjukkan update resep kuliner Indonesia terbaru untuk anda semua pembaca setia blog ini. Kali ini saya akan menunjukkan resep menarik yang berasal dari Bali dengan materi dasar ikan.

Jika anda mendengar nama Bali kemudian berbicara kuliner khasnya, mungkin sekilas anda akan berpikir Sate Lilit. Ya, ini merupakan salah satu kuliner khas dari Bali dan memang sudah sangat terkenal seantero nusantara, selain kuliner khas Bali lainnya (Baca disini).

Pada dasarnya sate lilit mampu dibuat dengan banyak sekali materi daging. Namun resep sate lilit yang akan saya bahas pada goresan pena ini ialah resep sate lilit yang berbahan dasar ikan.

Ikan yang digunakan ialah ikan kakap/ikan tenggiri. Ikan ini terkenal sebab keempukan daging dan kenikmatan rasanya. Kaprikornus saya jamin sate lilit ini akan lebih nikmat.

Bagi anda yang sudah pernah mencoba menyantap sate lilit di Bali silahkan nanti anda rasakan sendiri bedanya. Dan saya yakin anda pasti suka.

Untuk membuatnya sebagai materi utama tentu anda haru menyiapkan beberapa materi menyerupai ikan kakap/ikan tenggiri, tergantung kesediaan materi yang ada di kawasan anda. Jangan khawatir dengan bumbu diam-diam berikut, sate lilit anda akan tetap lezat.

Lalu apa saja bumbu atau materi lain yang harus anda siapkan?

Anda cukup dengan menyiapkan santan kental, kelapa parut, minyak goreng, serai, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk, kencur, kunyit, jahe, cabai merah, gula pasir dan garam.

Dengan materi atau bumbu diatas, mungkin anda sudah terbayang bagaimana rasa dari sate lilit yang akan anda buat. Yup, rasanya gurih, dan akan sedikit pedas namun segar serta wangi.

Rekomendasi :   Panorama Matahari Terbit di Pantai Sanur Menyimpan Sejuta Keindahan

Jika anda sudah mulai penasaran bagaimana cara membuatnya. Berikut ini saya uraikan Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali.

Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali
(Sate Lilit Ikan, Sumber Foto: bingdotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 20 menit
: 20 menit
: 40 menit
Disajikan untuk
Level
: 4 orang
:Sedang

Bahan-bahan:

  • Haluskan 400 gram daging ikan kakap/ikan tenggiri
  • Santan kental sebanyak 60 ml
  • 50 gram kelapa parut
  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan
  • 12 batang serai

Bahan bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Iris halus 2 lembar daun jeruk
  • Kencur seukuran 1 cm
  • Kunyit seukuran 1 cm
  • Jahe seukuran 1 cm
  • Cabai merah sebanyak 4 buah
  • Iris halus 1 buah batang serai
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Garam halus sebanyak ½ sendok teh
  • Semua materi tersebut diatas dihaluskan, saya sarankan anda untuk menghaluskannya dengan cara diulek, tetapi kalau anda tidak ingin repot, anda boleh mengahaluskannya dengan cara diblender.

Cara membuat Sate Lilit Ikan:

  1. Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak goreng lalu panaskan dan tumis bumbu halus tadi hingga harum lalu angkat dan dinginkan.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah kemudian masukkan tumisan bumbu halus tadi, daging ikan yang sudah dihaluskan, kelapa parut dan juga santan. Aduk materi hingga merata.
  3. Ambil 1 buah batang serai, lalu ambil 1 sendok makan adonan ikan dan lilit-lilitkan pada batang serai. Lakukan ini hingga adonan dan batang serai habis.
  4. Kemudian siapkan pemanggangan lalu panggang sate diatasnya hingga sate menjadi matang sambil sesekali dioles santan kental.
  5. Angkat dan sajikan hangat.

Rekomendasi Resep : Muloh Teupeh Peh

Nah itu ia resep dan cara membuatnya. Relatif mudah namun jangan anda sepelekan ya. Memasak itu memang kelihatannya mudah namun dikala dipraktikkan anda akan mengetahui bagaimana cara memasak yang baik, terutama dikala anda ingin menerima hasil kuliner yang enak.

Rekomendasi :   KEINDAHAN AIR TERJUN BENANG KELAMBU

Selanjutnya, berbicara ihwal kandungan nutrisi suatu masakan, sate lilit ini memiliki banyak sekali nutrisi dan kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini kita mampu melihatnya dari materi utamanya yaitu ikan kakap.

Kandungan Nutrisi Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali

Setiap 100 gram, ikan kakap memiliki energi sebesar 92 kkal, protein 20 gram, protein 20 gram, lemak sebesar 0,7 gram, dimana kalsium sebesar 20 mg.

Selain itu, ikan kakap memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi yaitu sekitar 200 gram. Zat besi sekitar 1 mg, vitamin A 30 IU, dan Vitamin B6 0,05 mg.

Dengan kandungan nutrisi diatas, terang bahwa ikan kakap ini memiliki manfaat bagi badan kita. Contohnya saja kandungan vitamin A yang dimiliki oleh ikan kakap ini sebesar 30 IU, kandungan ini sangat bermanfaat untuk memelihara sistem kekebalan badan serta memiliki kegunaan untuk memproduksi dan memelihara tulang.

Selain vitamin A penting untuk kulit dan mata, vitamin A ini juga berperan penting dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Dengan mengkonsuminya setiap hari kita mampu terhindar dari penyakit mata menyerupai katarak.

Kemudian, lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan kakap ini mampu mengurangi resiko penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah dan kolesterol tinggi.

Manfaat yang saya bahas dalam materi utama sate lilit ini hanya merupakan sebagian saja, banyak sekali manfaat lain yang mampu anda dapatkan. Apalagi dengan bahan-bahan atau bumbu lainnya.

Semoga dengan penjelasan kandungan nutrisi yang terdapat dalam sate lilit ini membuat anda semakin cinta dengan kuliner khas nusantara ini. Sudah menggunakan bahan-bahan yang alami, materi utamanya memiliki kandungan yang luar biasa pula.

Dalam membuat Sate Lilit Ikan ini saya memiliki sedikit tips untuk anda.

Tips Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas BaliTips yang pertama, biar tampilan sate lebih bagus. Bakar terlebih dahulu sate diatas wajan datar anti lengket yang sudah diolesi dengan sedikit minyak. Setelah itu bakar sate diatas pemanggangan/bara apis.

Rekomendasi :   Resep Membuat Kue Wafel Enak dan Simpel Banget

Dengan cara menyerupai itu, tampilan sate akan lebih mengkilat dan lebih menggugah selera anda, serta tentu saja akan membuat rasa Sate Lilit Ikan ini menjadi lebih nikmat.

Dan untuk tips yang kedua, anda mampu menyajikan sate lilit ikan ini bersama nasi campur, atau nasi putih hangat ditambah dengan telur, suwiran daging ayam, tempe dan juga sayuran. Dengan campuran menyerupai ini masakannya akan lebih mantap.

Bagi anda yang punya tips lainnya, silahkan tinggalkan dikolom komentar dibawah ini.

Bagaiman Sahabat Resep, ingin mencobanya dirumah? Mudah-mudahan goresan pena saya kali ini mampu bermanfaat untuk anda semua, mampu menambah wawasan ihwal Resep Masakan Khas Indonesia serta kandungan gizi yang terdapat didalamnya.

Jika anda suka dengan goresan pena saya ini, mohon perlindungan untuk membagikannya kepada teman-teman anda. Mari kita cintai Resep Masakan Indonesia.

Itu saja mengenai Resep dan Cara Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali kali ini. Selamat mencobanya di rumah.