Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Tanpa Santan yang Enak, Spesial dan Sedap

0
151
Lezat dan nikmat itulah hidangan gulai ikan mas tanpa santan.
Hidangan ini cocok sekali dijadikan hidangan utama untuk santapan keluarga. Nah, semoga anda mampu menyajikan sajian ini dirumah dengan mudah, maka kita simak resep berikut ini.
Jumlah Porsi
2 Porsi
Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Tanpa Santan yang Enak, Spesial dan Sedap

Bahan Utama Ikan Mas:
2 ekor ikan mas
1 buah tomat merah, iris tipis
500 ml air
5 butir belimbing wuluh, potong-potong
2 sendok makan goreng
Bumbu Ikan yang Dihaluskan:
1/2 ruas kunyit
3 butir bawang merah
5 butir cabai rawit
2 butir bawang putih
1 ruas jahe
Bumbu Ikan yang Lainnya:
1 sendok teh garam
5 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
1/4 sendok teh kaldu bubuk
2 sendok teh gula pasir
Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Tanpa Santan yang Enak, Spesial dan Sedap

Cara Membersihkan Ikan Mas Sebelum Dimasak Dibumbui:
  1. Langkah pertama yang mampu dilakukan terlebih dahulu untuk langkah kali ini ialah dengan membersihkan materi utama dan bahan-bahan lainnya. Untuk membersihkan bahan-bahan tersebut anda mampu mencucinya dengan menggunakan air bersih. Hanya saja, untuk membersihkan ikan nila ada beberapa bab ikan yang harus dibersihkan. Nah, untuk mengetahui lebih dalam bagaimana membersihkan ikan nila, kita simak dilangkah selanjutnya.
  2. Untuk membersihkan ikan nila, yang pertama kita lakukan dengan membersihkan sisik ikan hingga bersih. Untuk melakukannya, anda mampu menggunakan sendok atau pisau dengan arah menyisik beralwanan dari arah sisik yakni dari bab ekor ikan kearah kepala.
  3. Setelah sisik ikan dibersihkan, selanjutnya lakukan dengan membersihkan insang ikan. Caranya, silahkan buka sedikit bab kepala ikan dan ambil insang ikan dengan menggunakan tangan lalu buang insang ikan.
  4. Kemudian, bersihkan pula isi perut ikan. Caranya, belah perut ikan dan ambil isi perutnya, lalu keluarkan dan bersihkan bab dalamnya hingga bersih hingga dipastikan tidak ada kotoran yang masih tersisa dibagian dalamnya.
  5. Apabila semua bagain ikan sudah dibersihkan secara merata, sekarang kita potong ikan menjadi tiga bagian, yakni bab ekor, tengah dan dibagian kepala.
  6. Setelah selesai, angkat ikan dari daerah cucian dan berikan lumuran garam beserta dengan air jeruk nipis guna menghilangkan busuk busuk yang masih melekat pada ikan. Setelah itu, diamkan sementara semoga bumbu ini meresap kedalamnya dengan sempurna.
Rekomendasi :   Gejala Demam Berdarah | Ciri Demam Berdarah (DBD) Penyebab & Cara Mengobati

Cara Membuat Bumbu Gula Iian Mas Tanpa Santan:
  1. Pertama, kita siapkan wajan diatas kompor yang menyala, dan tuangkan minyak kedalam wajan tersebut lalu tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, silahkan masukkan bumbu halus dan tumis bumbu hingga tercium busuk harum yang sedap dan nikmat, setelah itu masukkan daun jeruk dan daun salam. Lalu aduk-aduk hingga bumbu layu dan matang.
  3. Setelah tumisan bumbu layu, masukkan air, gula, kaldu bubuk dan garam. Lalu aduk-aduk merata hingga kuah tumisan mendidih secara merata.
  4. Jika kuah sudah mendidih, selanjutnya masukan ikan nila yang sudah dipersiapkan kedalamnya. Aduk-aduk merata dan cicipi bumbu hingga terasa pas secara merata.
  5. Setelah itu, masukkan potonagn tomat kedalamnya, aduk-aduk sebentar hingga tomat menjadi lebih layu.

Jika hidangan ini sudah matang, anda mampu mengangkatnya dari rebusan dan sajikan kedalam mangkuk saji. Untuk mempercantik penampilannya, anda mampu menambahkan potongan cabai dan taburan bawang goreng diatasnya. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat jikalau disajikan selagi masih hangat. Demikian resep dan cara membuat sajian gulai ikan mas tanpa santan yang enak dan sedap.