Pesona Wisata Sulik Aia, Solok

0
142

Sulik Aia atau Sulit Air yakni sebuah Nagari (Setingkat kelurahan) di Kecamatan X Koto Diateh, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Daerah ini termasuk bersejarah di Minangkabau Sumatera Barat dan sudah ada semenjak 1.800-an. Sulik Aia ini mulai ditinggali semenjak sekelompok orang “dipindahkan” alasannya yakni diberi hukuman, sekelompok orang ini tidak mau mengikuti pedoman Lareh Bodi Chaniago maupun Lareh Koto Piliang secara keseluruhan. Daerah ini juga menjadi saksi bisu kecamuk Perang Paderi, Seusai Perang, Sulik Aia menjadi tempat memulai kehidupan gres bagi sebagian mantan pasukan Paderi. Sulik Aia diperkirakan sudah menjadi sebuah Nagari semenjak tahun 1837.

Gunung Papan Merah Putih Sulit Air (@sersanpalala)

Sulik Aia memiliki luas sekitar 80 km persegi, letaknya cukup jauh dari Padang, sekitar 96 km melewati kota Solok dan danau Singkarak. Saat mencapai Singkarak ke arah Ombilin, kemudian naik sejauh 16 km. Sulik Aia terhampar di tempat perbukitan dengan pemandangan yang unik. Terdapat banyak sekali bukit/puncak yang juga menjadi titik pantau ketika Perang Paderi, salah satunya yang terkenal yakni Gunung Papan atau Gunung Merah Putih yang ketika ini seakan menjadi ikon wisata Sulik Aia.

Panorama dari Gunung Merah Putih Sulik Aia (@febirsyam)

Untuk mencapai puncak Gunung Merah-Putih, pengunjung harus melewati sekitar seribu anak tangga, sehingga lokasi wisata ini juga dikenal dengan nama “Janjang Saribu”. Bukit ini disebut Gunung Merah Putih alasannya yakni tanahnya berwarna merah dan beberapa bab terdapat tanah dan watu kapur berwarna putih.

Batu Gantuang Sulit Air (@rahmat_sya_putra)

Dari ketinggian, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang menghampar luas. Tidak hanya Gunung Merah Putih saja, spot lain untuk menikmati panorama dari ketinggian yakni Batu Gantuang dan Batu Galeh.

Rekomendasi :   Kunci Jawaban Lengkap Kelas Bahasa Inggris Bully
Bukik Batu Galeh Sulik Aia (@ags_mz)

Walaupun namanya Sulit Air, ternyata di tempat ini juga terdapat beberapa riam yang unik, ada yang begitu lebar dan tinggi ada juga yang kecil yang pedoman sungainya ibarat mirip nyarai Lubuak Aluang. Air terjun tersebut diantaranya Air Terjun Tambulun dan Air Terjun Sarosah.

Air Terjun Sarosah Sulit Air (@rahmat_sya_putra)

Tambulun  Sulik Aia (@andri_akbar_92)

Tidak Sampai disitu saja, Ada juga Titi Bagonjong, merupakan sebuah jembatan yang menyeberangi Sungai Katialo di tengah-tengah Nagari Sulit Air yang dilengkapi atap bergonjong layaknya ibarat Rumah Gadang. Ada masjid terindah di Sumatera Barat pada kurun tahun 80-an dulu yang diberi nama Masjid Raya Sulit Air. Ada Rumah Gadang yang terpanjang di Sumatera Barat dengan jumlah ruangan atau kamar sebanyak 20 ruang, terkenal dengan nama Rumah Gadang 20 dan banyak lagi yang lain.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/