Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Hidroponik

0
139
Penanaman dengan metode hidroponik kini semakin hari semakin bertambah khususnnya untuk tempat perkotaan yang mempunyai lahan sempit dan ingin menenam sayuran sendiri di rumah, penanaman hidroponik sendiri media yang di gunakan identic dengan air yang di beri nutrisi namun fakta di lapangan

Penanaman dengan metode hidroponik kini semakin hari semakin bertambah khususnnya untuk tempat perkotaan yang mempunyai lahan sempit dan ingin menenam sayuran sendiri di rumah, penanaman hidroponik sendiri media yang di gunakan identic dengan air yang di beri nutrisi namun fakta di lapangan penanaman yang mengunakan teknik hidroponik bayak juga ynag menambah media lain menyerupai sekam padi, watu kecil dan lain sebagainnya namun itu semua sifatnnya hanya sebagai media penyangga saja untuk tempat bawanhnnya tetap ada air yang tergenang. Sebenarnnya teknik ini tidak jauh berbeda dengan Teknik Pembuatan Tanaman Hidroponik Sederhana .

Awal mula hiroponik memang penanamannnya sebagian besar di perkotaan namun sekarang ini yang mempunyai lahan yang cukup luas sudah menerapkan tanaman hidroponik dengan alasan bahwa dengan kita menggunakan teknik hiroponik kita tidak perlu mengganti media serepot kita menggati media menggunakan tanah, mungkin awalnnya pembuatan hiroponik memang cukup ribet namun selanjutnnya kita hanya menuangkan air dan mengisi air yang di beri nutrisi hidroponik kita sudah mampu bertanaman lagi.

Kali ini saya hanya menjelaskan penanaman hidroponik dengan metode yang cukup sederhana dan murah, tak selamannya pembuatan hidroponik itu mahal kita mampu memanfaatkan barang-barang bekas menyerupai botol plastic untuk memulai menanam hidroponik, nah bagaimana kita mampu memulai semua itu kita akan membahasnnya di pembagian terstruktur mengenai berikut.

Bahan dan alat
1, Botol air mineral ukuran 1 liter
2, Sumbu Kompor atau kain flannel
3, Gunting dan pisau
4, Busa/sekam padi/batu krikil
5, Paku
6, Benih sayuran yng sudah di semai ( Cara Penyemaiaan )

Cara pembuatan
Proses dalam pembuatan hidroponik ini cukup mudan dan sangat gampang sekali semua orang pasti mampu untuk membuatnnya :

1. Siapkan botol bekas kemudia potong menggunakan pisau atau gunting menjadi du bagainpada bab ujung lebih pendek dari pada bab bawah botol.
2. Pada bab tutup botol bekas tersebut lubangi tapi jagan terlalu besar, lubang ini kita gunakan utuk peletakkan sumbu
3. masukkan sumbu kedalam tutup botol tdi dan tutp botol tersebut pada bab ats yang telah di potong.
4. Posisikan potongan botol atas terbali dan letakkan pada bab botol bawah
5. Beri air pada bab botol bawah dan nutrisi hodroponik, nutrisi yang di gunakan untuk hidroponik mampu menggunakan AB MIX atau semacamnnya.
6,Letakkna tanaman yang sebelumnnya sudah di lakukan Penyemaiaan dan sudah tumbuh pada botol atas yang sudah di beri busa atau tatal kayu atau juga mampu menggunakan sekam padi, tetapi untuk percobaan yang saya lakukan saya menggunakan busa untuk meletakkan tanamannya
7. Hidroponik sudah jadi dan tinggal pada proses perawatan.

Perawatan yang di lakukan dalam metode hidroponi menggunakan botol bekas ini tidaklah sulit kita hannya mengisi air yang di beberi larutan nutrisi hidroponik jikalau air tersebut sudah hamper habis dan jagan hingga air hidroponik ini habis, letakkan tanaman hidroponik yang tidak terkena ujan secara eksklusif atau kita mampu mengembangkan rumah-rumahan kecil yang penting tanaman hidroponik ini tidak terkena iar hujan.

Semoga goresan pena Pemanfaatan botol bekas untuk hidroponik ini mampu bermanfaat dan mampu di terapkan di rumah masing-masin. Trimakasih

Rekomendasi :   5 Scan Level Tambahan Game Mekorama Android (Bagian 1)