Home INFORMASI Patut Diwaspadai, Inilah 5 Gejala Depresi Yang Sering Terabaikan

Patut Diwaspadai, Inilah 5 Gejala Depresi Yang Sering Terabaikan

61
0

Depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang [1]. Kondisi depresi adalah reaksi normal sementara terhadap peristiwa-peristiwa hidup seperti kehilangan orang tercinta. Depresi juga dapat merupakan gejala dari sebuah penyakit fisik dan efek samping dari penggunaan obat dan perawatan medis tertentu. Dalam kaitannya dengan gangguan mental lain, depresi dapat juga menjadi gejala dari gangguan kejiwaan seperti Gangguan depresi mayor dan distimia .

Seseorang dalam kondisi depresi umumnya mengalami perasaan sedih, cemas, atau kosong; mereka juga cenderung merasa terjebak dalam kondisi yang tidak ada harapan, tidak ada pertolongan, penuh penolakan, atau perasaan tidak berharga. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul adalah perasaan bersalah, mudah tersinggung, atau kemarahan. Lebih jauh, individu yang mengalami depresi dapat juga merasa malu atau gelisah.

Selain perubahan suasana hati, individu dengan gejala depresi cenderung kehilangan minat untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya ia anggap menyenangkan; kehilangan napsu makan atau sebaliknya, makan dengan porsi berlebih. Penderita juga akan kesulitan untuk berkonsentrasi, mengingat detail-detail umum, membuat keputusan, ataupun mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain. Pengalaman-pengalaman ini dapat mendorong individu untuk mencoba bunuh diri.

Tapi taukah kalian,

ternyata salah satu penyebab seseorang menderita penyakit langka dan mengerikan di dunia karena mereka mengalami kondisi yang sedang stres atau depresi. Karena, ketika seseorang sedang stres maupun depresi, sumber penyakit akan mudah menyerang.

Makanya kamu harus tau nih tanda tubuh yang mengalami stres berat. Karena, dengan mengetahui tandanya, kamu bisa segera mengatasinya gaes. Jangan sampai terlambat! Sama halnya dengan gejala depresi, kamu harus tau juga nih.

Rekomendasi :   Resep Masakan Gulai Lemak Tahu Tempe

Nah, berikut ini kami sudah menyiapkan beberapa tanda awal gejala depresi yang jarang orang sadari. Jadi, Silahkan simak baik-baik !

1Sulit untuk Berkonsentrasi

Tanda awal gejala depresi yang pertama adalah sulit untuk berkonsentrasi. Seorang Psikolog mengatakan kalau kamu mulai kesulitan untuk berkonsentrasi, bisa jadi itu merupakan tanda awal kamu sedang mengalami depresi. Gejala ini hampir sama dengan orang yang sedang mengalami sindrom patah hati.

Salah satu contohnya ketika kamu sulit berkonsentrasi adalah kamu sering banget lupa dengan barang yang kamu taruh. Kemudian, ada juga yang tidak fokus dalam bekerja. Sehingga, kamu juga akan merasakan kelelahan dalam bekerja dan hanya ingin istirahat saja.

2Sulit untuk Tidur Nyenyak

Tanda awal gejala depresi yang kedua adalah kamu merasa sulit untuk tidur nyenyak. Padahal kegiatan sehari-harinya melelahkan tapi tetap saja, ketika waktu tidur di malam hari kamu merasa sulit untuk tidur atau bahkan kamu mengalami insomnia.

Gejala ini ditimbulkan karena kamu merasa cemas, gelisah gaes. Sehingga otak kamu terus bekerja keras ketika waktunya untuk istirahat. Coba deh dengan mengubah kebiasaan kamu ketika tidur, seperti mematikan lampu.

Karena, memang salah satu manfaat mematikan lampu saat tidur bisa mengurangi rasa cemas. Nggak cuma itu aja, kalau kamu memang merasa depresi dan insomnia, coba dengan menggunakan aplikasi untuk mengatasi insomnia, supaya kamu tidak terlalu gelisah saat akan tidur.

3Merasa Terus Bersalah

Ketiga, tanda awal gejala depresi yang jarang disadari adalah kamu ngerasa terus bersalah. Mungkin kamu pernah punya pengalaman pahit, seperti mengalami patah hati, cerai atau kehilangan orang tersayang. Kemudian kamu terus menerus menyalahkan diri kamu atas itu semua.

Rekomendasi :   Meningkatkan Produksi Cabai Dengan Pemangkasan Bibit

Nah, ini bisa menjadi salah satu tanda kamu mengalami depresi gaes. Penyebabnya kamu merasa tertekan sehingga semua yang terjadi itu salah kamu. Kalau sudah kayak gini sih, mending kamu segera melakukan solo traveling deh! Supaya belajar untuk menghargai diri sendiri gaes.

4Jadi Mudah Marah

Keempat, tanda awal gejala depresi yang jarang disadari adalah kamu jadi mudah banget marah. Mungkin kamu berpikir, kalau menjadi mudah marah karena terkena dampak keseringan membuka media sosial? Jawabannya sih sebenarnya mungkin gaes.

Karena, seperti yang kita ketahui kalau dampak buruk sosial media itu bisa membuat seseorang menjadi depresi. Makanya, banyak yang melarang untuk jangan pamer kemesraan di media sosial. Mungkin alasan jangan pamer kemesraan di media sosial.

Karena bisa membuat kamu cepat putus karena Nah, kalau udah depresi pasti kamu akan mudah marah padahal hal yang dihadapi hanya masalah sepele. Selain itu, hal tersebut juga salah satu cara mengekspresikan rasa depresi kamu juga gaes. Tapi tetap saja, bisa membuat orang lain merasa sakit hati dengan kemarahan kamu itu.

5Tidak Ada Gairah Hidup

Tanda awal gejala depresi yang terakhir adalah tidak ada gairah hidup atau kamu merasa kurang bersemangat. Sama halnya dengan poin sebelumnya, ketika seseorang mengalami depresi, sudah pasti mereka tidak akan merasa bersemangat untuk menjalani aktivitasnya.

Sekalipun orang tersebut memiliki kepribadian yang menyenangkan. Tetap saja, ketika depresi menyerang, dirinya akan merasa lesu dan lelah. Walaupun begitu, jangan sampai berlarut-larut ya gaes, segera berkonsultasi dengan psikiater atau ahli psikolog.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here