Model Pembelajaran Caf (Consider All Factors)

0
12
Model Pembelajaran Consider All Factors  Model Pembelajaran CAF (Consider All Factors)

Model Pembelajaran Consider All Factors (CAF)


Model ini mendorong siswa untuk berfikir mengenai semua faktor terkait pada ketika menciptakan sebuah keputusan atau dalam mempertimbangkan sebuah gagasan. Ini yaitu alat yang mempunyai kegunaan sebelum tetapkan atau merencanakan sebuah tindakan tertentu.

Keterampilan yang Dikembangkan

Model pembelajaran ini memerlukan dan menyebarkan beberapa keterampilan sebagai berikur:

  • Mengelola informasi
  • Kerjasama
  • Berpikir, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan

Langkah-langkah

1. Guru atau fasilitator menunjukan dan berdiskusi dengan para siswa mengenai pentingnya mempertimbangkan semua faktor dalam pembuatan pembuatan keputusan dan perencanaan. Hal ini menjadi penting alasannya kalau satu atau beberapa faktor terlewati, maka apa yang seharusnya benar dapat saja menjadi salah.

2. Guru atau fasilitator kemudian membagikan kertas yang berisi semacam studi kasus dan para siswa diminta untuk mengisi beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Berikut yaitu pola studi kasus dimana para siswa diminta untuk mengisi faktor-faktor penting yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan

Pemerintah Kabupaten X akan membuka bandar udara demi terlaksananya kelancaran urusan pariwisata di kabupaten tersebut. Kepala tempat merencanakan menciptakan bandar udara tersebut di hutan rakyat. Hutan tersebut sangat penting bagi penduduk sekitar untuk mencegah banjir dan alasan kelestarian binatang langka yang hidup di hutan tersebut.

Pertanyaannya yaitu yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan terhadap pembangunan bandar udara baru? 



3. Setelah kertas yang berisi studi kasus tersebut final terisi, para siswa kemudian berpindah kelompok untuk melihat dan meninjau ulang (review) apa yang telah diisi oleh kelompok lain.

4. Para siswa kembali ke kelompok semula dan diberi kesempatan untuk mengubah isian awal menurut apa tanggapan rekan dari kelompok lain.

Rekomendasi :   Sekolah Yang Kondusif Dan Nyaman Untuk Belajar

5. Guru kemudian melaksanakan tanya jawab dalam rangka mengevaluasi dan menggabungkan keseluruhan tanggapan siswa sebagai tanggapan yang lebih utuh.

Demikian goresan pena mengenai model pembelajaran CAF atau Consider All Factors. Semoga bermanfaat.

Salam sukes selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com/