Masakan Pindang Khas Kudus, Siapa yang Mau?

0
38
Masakan Pindang Khas Kudus – Sebenarnya sudah ada beberapa menu pindang yang sebelumnya kita pelajari namun untuk melengkapi banyak sekali koleksi resep kuliner khas tempat yang ada kali ini kita akan mencoba lagi resep pindang khususnya yang khas asli dari tempat Kudus. Jika anda penyuka kuliner pindang silahkan ikut mencobanya.

Masakan pindang merupakan salah satu jenis kuliner yang banyak digemari. Siapa yang tidak tahu dengan pindang, dan siapa yang tidak mau dengan kuliner ini? Yah, meski cukup populer namun masih ada banyak yang belum mampu menyajikan sendiri menu tempat ini khususnya versi khas Kudus.

Sedikit berbeda dengan beberapa pindang dari tempat lain, Resep Pindang Khas Kudus menggunakan materi daging sapi dan bukan ikan. Untuk bumbu dan materi lain tidak berbeda jauh namun yang perlu dicatat pada pindang kudus digunakan materi suplemen ibarat buah keluwak dan juga daun melinjo.

Anda ingin berguru memasak menu spesial ini? Tidak perlu khawatir, untuk membuat kuliner Kudus ini caranya tidaklah sulit dan aku yakin anda pasti mampu membuatnya sendiri di rumah. Kalau anda ingin segera mencoba kuliner ini silahkan ikuti panduannya berikut!

Bahan dan Bumbu Pindang Khas Kudus

Untuk memulai berguru memasak pindang Kudus silahkan siapkan dulu bahan-bahan serta bumbu yang dibutuhkan. Apa saja materi dan bumbunya silahkan siapkan sesuai daftar di bawah ini’

Bahan dasar
400 gram daging sapi bab sandung lamur

1 1/2 liter air
2 lembar daun salam
1 ibu jari lengkuas, memarkan
3 sdm minyak untuk menumis
Bumbu Halus
7 bawang merah
3 bawang putih
3 buah keluwak, ambil daging buahnya, rendam air hangat hingga lunak, tiriskan
1 sdm ketumbar sangrai
2 cm jari kunyit
1 sdt terasi goreng, bila suka
2 sdt garam
1 sdm gula merah
300 ml santan
1 sdm air asam jawa
25 gram daun melinjo

Cara Membuat Masakan Pindang Khas Kudus

Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, membuat kuliner ini tidaklah sulit. Anda tidak percaya, silahkan coba saja sendiri langkah-langkah memasak pindang Kudus di bawah ini.

  1. Rebus daging bersama daun salam, dan lengkuas hingga empuk. Angkat, potong daging kecil-kecil. Sisihkan. Didihkan kembali kaldunya.
  2. Panaskan minyak di atas api sedang, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. 
  3. Masukkan irisan daging, aduk hingga rata. Angkat, masukkan tumisan ke dalam rebusan kaldu.
  4. Beri santan dan air asam jawa. Masak sambil aduk-aduk hingga mendidih dan kuah kental. Masukkan daun melinjo, aduk hingga daun melinjo layu.
  5. Angkat sajikan untuk 6 orang
Rekomendasi :   Dinginnya Air Lubuak Tampuruang di Kota Padang
Jangan lupa, aku selalu mengingatkan kepada anda bahwa materi dan bumbu yang paling penting dalam menyajikan suatu kuliner ialah “cinta”, jadi pastikan anda memasak pindang Kudus ini dengan penuh cinta. Mudah-mudahan dari tangan anda akan tersaji menu pindang kreasi yang sangat dinikmati oleh keluarga di rumah. Itu saja silahkan dicoba!