Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

0
81
Manfaat dan ancaman kuning telur bagi kesehatan – Bagi semua orang, telur yakni salah satu makanan yang tidak abnormal lagi. Bahkan telah banyak aneka makanan dan kuliner yang terbuat dari campuran telur, khususnya kuning telurnya.
Berbicara ihwal kuning telur, memang ada banyak manfaat yang terdapat di dalamnya. Bahkan dengan mengkonsumsi kuning telur secara teratur dapat membantu meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan memori otak dalam mengingat suatu hal.
Namun selain manfaat, kuning telur juga memiliki efek ancaman bagi kesehatan tubuh. Ya, bukan hanya manfaat saja yang didapatkan, kalau mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan maka akan menyebabkan aneka macam macam duduk perkara kesehatan. Nah, berikut ini manfaat dan ancaman kuning teluar bagi kesehatan:
Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

Manfaat kuning telur

1. Meningkatkan kinerja otak

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kuning telur dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Sehingga sangat baik untuk perkembangan otak anda. Hal ini dikarenakan kuning telur mengandung asam amino, DHA, dan klorin. Kombinasi kandungan tersebut bisa membantu meregenerasi sel-sel syaraf dengan lebih baik dan efisien.

2. Menguatkan tulang dan gigi

Kuning telur memiliki kandungan vitamin A, D, E, K, dan B6 dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan vitamin tersebut dapat membantu menguatkan struktur pada tulang dan gigi. Sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil, menyusui, atau pada bawah umur yang masih dalam menyusui.

3. Meningkatkan stamina

Jika anda ingin meningkatkan stamina tubuh anda, anda bisa memanfaatkan kuning telur. Berdasarkan riset oleh para hebat kesehatan menemukan fakta bahwa kolesterol dalam kuning telur yakni materi dalam produksi hormon laki-laki. Dengan demikian, akan sangat membantu laki-laki selalu memiliki vitalitas yang maksimal.

4. Menunda lapar

Bagi anda yang sering merasa lapar, anda tidak perlu khawatir. Dengan mengkonsumsi kuning telur, anda akan terbebas dari rasa lapar lebih lama. Hal ini karena kandungan nutrisi pada kuning telur yang cukup besar. Bahkan berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa kuning telur bisa menghasilkan rasa kenyang lebih baik daripada sepotong roti.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Kuning telur juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Bahkan kuning telur ini bisa anda jadikan sebagai masker untuk perawatan kulit anda, terutama pada kulit wajah anda. Kandungan vitamin E dan antioksidan di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit yang sekaligus membantu meregenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Bahaya kuning telur

1. Sangat tinggi kolesterol

Kuning telur sangat tinggi akan kandungan kolesterolnya. Kolesterol yang tinggi ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kalau dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kolesterol pada sebutir telur rata-rata sebanyak 180 hingga 200 mg. Sedangkan kolesterol yang diharapkan tubuh per hari yakni sebesar 300 hingga 350 mg per hari. Dengan demikian, kebutuhan kalori bisa terpenuhi hanya dengan 2 butir telur sehari. Jika berlebihan, tentu akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan tubuh. Terutama pada adegan pedoman darah yang tidak lancar.

2. Tumbuh bisul

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau ternyata kuning telur dapat menyebabkan tumbuhnya bisul. Ya, hal ini karena telur memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi lebih dari 3 butir setiap hari maka akan mengacaukan kadar minyak alami yang stabil pada lapisan kulit terdalam, sehingga menyebabkan munculnya jerawat pada kulit. 

3. Asam urat

Jika anda memiliki duduk perkara asam urat, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kuning telur, bahkan dilarang kalau mengkonsumsi berlebihan. Hal ini karena kuning telur memiliki kandungan lemak dan zat fosfor yang dapat mengganggu kestabilan jumlah asam urat yang ada di persendian. Lemak pada telur bisa meningkatkan jumlah asam urat. Sehingga dapat memperparah asam urat yang dialami.

4. Mual

Kuning telur memiliki kandungan gas yang cukup tinggi, sehingga akan berbahaya bagi kesehatan kalau dikonsumsi berlebihan. Kandungan gas tersebut akan membuat perut anda terasa mual. Jika anda mengkonsumsi kuning telur, imbangilah dengan mengkonsumsi sayuran secara teratur. Jika tidak, kandungan gas yang ada pada telur dapat menimbulkan iritasi pada lambung yang alhasil dapat menyebabkan mual.

5. Berat tubuh mudah naik

Kuning telur juga bisa menyebabkan berat tubuh seseorang menjadi naik lebih cepat. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat dan lemak di dalamnya. Mengkonsumsi 3 butir kuning telur setiap harinya akan bisa meningkatkan berat tubuh lebih cepat. Tubuh akan mengalami penumpukan lemak dan metabolisme pun bisa terganggu.

Rekomendasi :   10 Cara mencegah abuh biar tidak mudah datang

6. Kadar gula darah mudah meningkat

Kuning telur juga memiliki kadar gula darah. Jika mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan maka bisa menyebabkan penumpukan kadar gula darah dalam tubuh. Jika berlangsung terus menerus, maka bisa menyebabkan seseorang terserang diabetes. Oleh alasannya itu jangan makan kuning telur berlebihan, khususnya bagi penderita diabetes.

7. Mengganggu hormon pria dan wanita

Kandungan lemak dan kolesterol yang terdapat dalam butir kuning telur dapat mengganggu kestabilan hormon pria dan wanita. Kondisi ini akan mengganggu kesuburan seseorang. Jika dikonsumsi berlebihan, maka hormon tersebut akan terganggu dan menjadi bermasalah.

8. Timbul jerawat

Jerawat bukan hanya disebabkan karena polusi udara saja, tapi juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, salah satunya yakni kuning telur. Mengkonsumsi kuning telur berlebihan dapat menyebabkan kulit seseorang muncul jerawat, bahkan pada kulit yang kering sekalipun. Lemak dan kolesterol dalam telur berpotensi menyumbat pori pori kulit dan meningkatkan debit minyak yang ada di permukaan kulit wajah sehingga memicu kulit wajah menyerap radikal bebas atau polusi udara yang ada di luar.
Demikianlah informasi ihwal Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


Sumber http://www.manfaatcantiksehat.com/