Home INFORMASI Mancing di Kali Bogowonto

Mancing di Kali Bogowonto

256
0
Sungai Bogowonto atau Bhagawanta merupakan sebuah sungai besar sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sungai bogowonto melewati tiga kabupaten ialah kabupate Wonosobo, kabupaten Magelang dan kabupaten Purworejo sebelum bermuara di Samudera Hindia. Sungai Bogowonto Juga menjadi perbatasan antara provinsi Jawa tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Mancing di Kali Bogowonto wikipedia muara congot casting
kali bogowonto

Kali ini aku akan membahas potensi ikan di daerah sungai Bogowonto.  Mungkin nanti aku akan lebih banyak membahas adegan sungai bogowonto yang erat dengan daerah muaranya. Karena aku lebih sering mancing di sana hehe.

Seperti sungai sungai besar di daerah selatan pulau Jawa lainya, sungai bogowont kito juga menjadi tujuan para pemancing pelus atau ikan sidat berukuran besar. Sungai yang dalam dan tak pernah kering menjadi sarang idaman bagi ikan pelus. Jangan lupa, siapkan senar yang besar lengan berkuasa bila anda ingin berburu pelus.
Ikan palung juga dapat kita temui di sungai Bogowonto lho. Namun ikan palung dapat kita temui jauh dari daerah muara, paling tidak 5 km. Karena ikan palung menyukai perairan yang benar benar tawar. Di sana anda juga dapat menemui ikan sili, ikan betutu, ikan melem, ikan sogo atau baung dan masih banyak lagi.
Kita mendekat ke adegan muara sungai. sssstttt ada spot andalan para pemancing di sungai bogowonto ini. yakni di utara pasar sebelum jembatan congot. Jika anda menemui pohon johar di tepi sungai, sekitar disitulah sarang mangar atau kakap bakau berada. Selain itu spot ini juga cocok untuk mancing belanak menggunakan umpan lumut.
Bukan hanya itu saja, ikan pelus atau sidat juga sering menyantap umpan pemancing. Makara ya jangan heran bila anda berniat mancing mangar tapi dapatnya ikan sidat lho ya. Hehe. Sekitar seratus ,eter di utara spot ini, tepatnya pada tikungan sungai juga menjadi rumah idaman bagi ikan kakap bakau. Gerombolan ikan tarpoon juga sering terlihat disini.
Eits… ada yang lupa. Di sini spot andalan aku mancing udang galah atau oleh penduduk sekitar dikenal dengan nama urang watang. Mari kita berjalan ke arah barat. Stop di jembatan congot. Baik di utara maupun selatan jembatan congot menjadi spot mancing liar yang sangat menjajikan. Khususnya mancing ikan muara menyerupai ikan kiper, ikan kakap, ikan mangar, ikan belanak, dan ikan luthok.
Ketika malam ahad dan pada hari ahad atau hari libur lainya jangan hingga kesiangan maupun kemalaman bila ingin mancing di sini. Apalagi ketika air jernih atau sedikit keruh dan cuaca cerah, bakal nggak kebagian tempat mancing lho. Hehe.
Kita lanjut berjalan ke muara sungai Bogowonto atau lebih di kenal dengan nama mjara Congot. Yaaa suasana sunset yang romantis menjadi bonus  bagi pemancing yang mancing bersama keluarganya di sini. Ikan laut menyerupai ikan gt, ikan surung, ikan kkerapu, ikan kapuran dan lain lain sering masuk ke daerah muara congot. Apalagi ketika air sedang pasang. wah mantab pokoknya, mampu pesta strike.

 


Ikan kapuran atau ikan bekukon dan ikan baby gt akan mencari makan hingga daerah spot mancing sor johar (bawah pohon johar ) tadi. Yang terpenting air sungai tidak terlalu keruh saja. Begitu juga dengan ikan luthok, namun ketika air keruh ikan luthok lebih agresif. Ikan luthok di daerah muara congot terkenal besar besar dan ketika musimnya tiba yakni pada ketika air keruh, jangan kaget kalau pesta strike ikan luthok di sini ya.
Pada ketika hari libur muara congot ramai oleh pengunjung, jadi hati hati ketika melempar umpan. dan bila berniat mancing di malam hari, jangan hingga kemalaman datang apalagi ketika hari libur. Kemungkinan besar muara congot dipenuhi oleh para pemancing baik dari Jogja maupun dari purworejo.
bagaimana dengan hutan mangrove di sebelah barat muara congot? mancing di daerah hutan mangrove tersebut sudah aku bahas dalam artikel aku beberapa ahad yang lalu. silahkan cari dengan keyword hutan mangrove kulon progo di kotak pencarian di atas 😀

Rekomendasi :   Mancing Pasiran Dengan Joran Sungai