Home INFORMASI Indahnya Panorama Bukit Selong, Sembalun

Indahnya Panorama Bukit Selong, Sembalun

366
0

#atparadise | Masih berbicara soal Lombok, daerah yang menjadi destinasi wisata halal terbaik Dunia ini memang menyimpan berjuta pesona mulai dari laut sampai puncak gunung. Tidak ketinggalan bukit-bukit yang memiliki panorama mengagumkan, salah satunya yaitu Bukit Selong yang tepatnya berada di Kabupaten Lombok Timur NTB. Bukit Selong menjadi viral terutama di kalangan traveler lokal. Keindahan yang didapat mulai dari jalan, memasuki pedesaan sampai panorama dari bukit itu sendiri sangat luar biasa.

Panorama Dari Bukit Selong ( sunisa_fuji )

Lokasi dan Cara Menuju

Bukit Selong atau juga disebut Bukit Desa Belek/Blek/Beleq terletak di Sekitar Desa Sembalun Lawang, tepatnya di Desa Bukit Beleq, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai desa ini pengunjung mampu melewati 2 rute yaitu (http://diditpharm.blogspot.co.id):

  • Jalur Utara: Kota Mataram – Pusuk (Monkey’s Forest) – Pemenang – Bangsal – Tanjung – Gangga – Kayangan – Bayan – Senaru – Desa Biluk Petung – Desa Sembalun Lawang (Bukit Selong).
  • Jalur Timur: Kota Mataram – Narmada – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Masbagik – Aikmel – Suela – Desa Sembalun Bumbung – Desa Sembalun Lawang (Bukit Selong).

Rute yang cukup jauh alasannya yaitu pengunjung harus mengitari Gunug Rinjani untuk mencapai desa ini. Untuk mencapai Kota Mataram sendiri anda mampu menggunakan transportasi udara atau kombinasi laut dan darat kalau datang dari Bali.

Pesona dan Daya Tarik

Desa Beleq/Blek ( pwibowo_ )

Sembalun merupakan desa di Kaki Gunung Rinjani yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 MDPL. Desa-desa di Kecamatan Sembalu memiliki hamparan alam yang indah, mulai dari pesona sawah-sawah penduduk lokal, desa-desa yang masih tradisional, hutan, sampai bukit-bukit yang memukau, salah satunya yaitu Bukit Sembalun. Sebelum mencapai spot panorama Bukit Selong, pengunjung mampu menyaksikan indahnya hutan bambu dan keunikan Desa Beleq, desa kecil dengan beberapa rumah berarsitektur tradisional, desa ini merupakan desa tertua di Sembalun.

Rekomendasi :   Resep Cara Membuat Kue Bolu Gulung Jeruk Enak Mudah

Aktifitas (Something to See and Do)

Bukit Selong Sembalun ( kakisumpit )

Dari desa Beleq, pengunjung harus menaklukkan jalur trekking berupa tanah dan tangga berundak. Setidaknya ada 2 spot yang mampu dikunjungi yang jaraknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Dari spot tersebut terhampar pemandangan yang sangat unik, persawahan berkotak-kotak yang datar, dihiasi oleh warna kuning dan hijau, kemudian beberapa bukit seakan mengawal disisinya.

Bukit Selong ( noego.rondi )

Ada berbagai background yang mampu dimanfaatkan untuk mengambil foto, salah satu yang paling kekinian yaitu foto levitasi dengan latar bukit Bukit Pergasingan.

Harga Tiket dan Info lainnya

Pengunjung akan dikenakan biaya 5.000 per orang untuk memasuki daerah bukit ini. Sebaiknya anda mengunjungi Sembalun dikala ekspresi dominan kemarau, alasannya yaitu akan tersaji pemandangan yang mengagumkan dengan cuaca yang cerah plus langit yang biru.

Berfoto dengan Background Bukit Pergasingan ( arief_samira )

Jika anda merupakan traveler dari luar NTB, maka susunlah rencana perjalanan anda terlebih dahulu, jangan hanya targetkan spot ini saja, anda mampu memulai dengan mengunjungi pantai-pantai/pulau kecil di Lombok atau Menaklukkan Gunung Rinjani terlebih dahulu.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/