Home Wisata Wisata Kuliner Ikon Kuliner Khas Sumatera Barat Part 1

Ikon Kuliner Khas Sumatera Barat Part 1

264
0

Masing-masing provinsi bahkan kawasan setingkat kabupaten dan kota memiliki masakan khas, menyerupai misalnya Pempek Palembang, Gudeg Jogja atau Kerak Telor Jakarta. Namun tahukah anda bahwa di Sumatera Barat Rendang bukanlah satu-satunya ikon masakan terkenal. Ada berbagai makanan khas yang berasal atau terkenal di Sumatera Barat, berikut ialah beberapa Makanan khas, Minuman, Makanan Ringan/Snack, Penganan serta Rumah Makan atau Tempat Wisata Kuliner yang menjadi ikon dan populer di Minangkabau.

Bika Si Mariana

Bika Si Mariana (@helenarendavis)

Salah satu tempat favorit wisatawan untuk singgah, Bika Si Mariana. Beralamat di Jalan Raya Bukittinggi-Padang Panjang, tepatnya di Koto Baru, jikalau datang dari Bukittinggi, lokasinya mampu ditemukan setelah Pasar koto Baru dan Polsek X Koto. Di kawasan Koto Baru banyak dijumpai warung-warung penjual Bika, tapi yang paling terkenal ialah Bika Mariana alasannya ialah rasanya memang paling enak, manis nya pas, aromanya menarik hati dan kualitas bahnnya sangat dijaga.

Sate Padang/ Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur Padang Panjang

Sate Mak Syukur

Legendaris… Usaha sate ini sudah dirintis oleh Syukur Sutan Rajo Endah (Alm) semenjak tahun 1941. Mak disini artinya ialah Mamak yang mana dipakai untuk memanggil lelaki yang lebih renta di Minangkabau. Seperti namanya Sate Mak Syukur menyediakan Sate Asli Sumatera Barat atau yang lebih dikenal dengan Sate Padang jikalau di luar Sumbar.

Pical Sikai

Pical Sikai

Lamang Tapai

Selain Nasi Kapau, Bukittinggi juga identik dengan masakan Pical Sikai. Pical Sikai ialah Pecel Ala Minang dengan embel-embel Jantung Pisang sebagai jagoannya. Terletak di gang Almanzari, persis didepan Masjid Al-Ikhwan, jalan Panorama. no 19 C, disamping Taman Panorama Bukittinggi. Selain Pical, disini wisatawan juga mampu mencoba Lamang Tapai spesial Bukittinggi.

Rekomendasi :   7 Tempat Wisata Kuliner Super Lezat Di Bandung

Itiak Lado Ijau

Restoran Itiak Lado Ijau/Mudo

Kuliner Itiak Lado Ijau/Mudo

Menuju Ngarai Sianok, tidak lengkap rasanya jikalau tidak mengunjungi rajanya masakan bebek, Itiak Lado Ijau atau Itiak Lado Mudo. Rumah Makan yang terletak di tepi sungai di Lembah Ngarai Sianok ini selalu kehabisan belibis setiap harinya, bahkan ketika Peak Season, 100 ekor belibis mampu masuk kuali. Rasanya yang pedas dan gurih dijamin membuat wisatawan ketagihan.

Nasi Kapau

Nasi Kapau Uni Cah

Sebenarnya Nasi Kapau bukan berasal dari Bukittinggi melainkan Kab. Agam, namun masakan ini sangat terkenal di Bukittinggi, bahkan sudah banyak pejabat tinggi negara yang merasakan masakan ini. Nasi Kapau merupakan Nasi dengan beragam lauk spesial dari Minang menyerupai Tambunsu, gulai ikan, gulai tunjang, cancang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau, sangat menarik hati selera. Namun sayang ada banyak kontroversi mengenai harga Nasi Kapau ini, bahkan jikalau ditanya, tidak ada yang tahu pasti berpa harga seporsi Nasi Kapau.


Sumber http://www.ondehmandeh.com/