Hijaunya Air Terjun Nyarai

0
116
Air Terjun Nyarai merupakan salah satu jeram terindah yang kami temukan di Sumatera Barat. Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk mencapai air terjun, jikalau mulai berjalan dari ekspresi hutan. 

Perjalanan ke jeram di awali dengan melewati persawahan warga, setelah itu menyusuri hutan ulayat atau hutan warga gamaran.

 
Selama perjalanan kita akan melewati beberapa lubuak yang indah, ada Lubuak Lalang, ada Lubuak Ngugun, kolam dari kerikil yang terbentuk alami, selanjutnya Lubuak Batu Tuduang, di lubuak ini potensi ikannya banyak, dan Sikayan tabiang.
 

Rute yang dilalui tidak berbahaya, jikalau tidak di guyur hujan jalan yang di lalui sangat menyasikkan. Diperlukan 2 hingga 3 kali istirahat, istirahat pertama di dalam hutannya, istirahat kedua di penyebrangan.


Air Terjun Nyarai, jikalau dideskirpsikan tinggi jeram ini kira-kira 7-8 meter, jikalau isu terkini panas guyuran airnya tidak terlalu deras. Hal yang menarik dari jeram ini ialah kolam besar, dengan air bewarna kehijauan, kolam ini sempurna berada di depan air terjun.
 

Aliran air dari jeram ke kolam, di bendung oleh dua kerikil menyerupai pintu, menyerupai bendungan yang mengatur debit air yang masuk dari kolam. Semua sisi yang aku ceritakan terbuat secara alami.
 

Air Terjun Nyarai juga menyimpan potensi menarik lainnya, di dalam kolam hijau tersebut ada ikan, ikan mampu ditangkap dengan pistol tombak atau dengan memancing. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menangkap ikan dengan pistol tombak, karna harus menyelam sambil kejar-kejaran dengan ikan. Rasa ikannya luar biasa, enaaak !!!. Dagingnya lembut sekali, manis dan gurih. Manis sebab rasa dagingnya dan gurih sebab kulitnya. 
 
 

Makara disini kita mampu berenang sepuasnya, menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pohon. Waktu tidak akan terasa selama di air terjun, yang dirasakan ialah rasa senang dan ucap syukur kepada Maha kuasa atas ciptaannya.
 
 
 
sumber:


Sumber http://www.wisatasumbar.net/

Rekomendasi :   Anak gunung krakatau menjadi objek wisata yang semakin banyak dikunjungi wisatawan | Wisata lampung