Air Terjun, Burai-Burai, Sarasah atau Langkuik merupakan sesuatu yang belakangan sangat “In” di Sumbar. Berbagai riam rupawan di daerah-daerah mulai dari Pasaman, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Agam terutama Malalak, Harau-50 Kota sampai Solok Selatan dipromosikan dan banyak didatangi oleh para petualang dan pecinta alam. Ada aneka macam riam rupawan yang ada di Sumatera Barat, dan berikut yaitu beberapa riam paling spektakuler di Ranah Minang;

Lubuak Bonta – Padang Pariaman

Lubuak Bonta 2 (@tomybudiarto)

Pemandian ini merupakan salah satu surga kecil di Kayu Tanam, Kayu Tanam sendiri sangat terkenal dengan Durian nya, kawasan ini juga dialiri sungai yang cantik yang menciptakan pemandangan alam yang indah. Mata air sungai ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi rumah-rumah penduduk, bahkan beberapa air minum kemasan juga memanfaatkannya. Jika dieksplorasi lebih jauh, maka anda akan menemukan riam yang kedua menyerupai yang terlihat di gambar diatas.

Air Terjun Tansi – Solok Selatan

Air Terjun Tansi Ampek (Joey Exito)

Alam Solok Selatan mempersembahkan surga alam Air Terjun Tansi Ampek, Air Terjun rupawan ini terletak di Sungai Lambai di perkebunan Mitra Kerinci yang berjarak sekitar 20 KM dari Muaro Labuah. Air terjun ini memiliki 4 tingkat yaitu Tansi 1, Tansi 2, Tansi 3 dan Tansi 4. Tansi Tigo dan Tansi Ampek terletak berdekatan dan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Selain pesona riam dengan air yang jernih dan dingin, keindahan alam di sekitar spot juga sangat memukau, ditambah dengan sejuknya udara tentu akan membuat pengunjung jatuh cinta dengan objek ini.

>> Selengkapnya

Sarasah Lubuak Batu Bulan – 50 Kota

Lubuak Batu Bulan (@irsyadarfi)
Rekomendasi :   Keindahan Lubuak Tampuruang Padang, Sumatera Barat

Air terjun ini terletak di Jorong Koto Tinggi, Kubang Balambak, Kabupaten 50 Kota. Air terjun dibawah tebing dengan sebuah gua ini hampir tidak memiliki genangan, konon terdapat suatu lubang/saluran yang menjadi arah pedoman air terjun. Sekitar 1 km dari hulu riam air yang seakan menghilang tersebut muncul kembali dan dimanfaatkan sebagai sumber air pesawahan masyrakat.

>> Selengkapnya

Sarasah Tanggo – 50 Kota

Sarasah Tanggo (tml adventure)

Sarasah Tanggo terletak sekitar 8-10 km dari Kantor Bupati Kab. 50 Kota tidak terlalu jauh dari riam unik Sarasah Donat. Air terjun yang terletak di bersahabat waduk/telaga ini menyajikan Pemandangan yang indah. Dibawah riam juga terdapat lubuak atau tempat pemandian yang eksklusif diguyur oleh air terjunnya. Dibelakang riam juga terdapat cekungan yang membentuk gua kecil, suatu pengalaman yang unik jikalau berkunjung ke riam ini.

>> Selengkapnya

Air Terjun Sialang – 50 Kota

Sialang (@fitrayadi)

Air Terjun Sialang, pesona alam yang tidak kalah dari riam lain yang terletak di Harau. Sialang berada di Kecamatan Situjuah Limo Nagari (SiMoNa), Kabupaten 50 Kota, tempatnya berada sekitar 15 km dari sentra kota Payakumbuh. Air terjun yang cuku tinggi ini berada di Situjuah Tungka, amenitas dan aksesibilitas memang tidak sebaik sarasah-sarasah di Harau, namun keindahan riam satu ini patut untuk dkembangkan lebih lanjut oleh pemerintah 50 Kota.

>> Selengkapnya

Langkuik Tinggi – Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi

Pernahkah anda menemukan 7 riam yang terdapat di 5 spot, di pedoman sungai sepanjang 800 meter? Inilah Langkuik Tinggi Waterfalls, destinasi wisata riam terbaik di Sumatera Barat. Di spanduk objek wisata ini disebutkan “Wisata 5 air terjun, LANGKUIK TINGGI” sesungguhnya ada 7 riam di lokasi ini, dimana ada 2 spot dengan 2 air terjun. Gugusan riam ini terletak di Jorong Nyiua, Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak.

Rekomendasi :   KEINDAHAN AIR TERJUN BENANG KELAMBU

>> Selengkapnya


Sumber http://www.ondehmandeh.com/