Home INFORMASI Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci

Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci

237
0
Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci- meskipun sudak bayak bertebaran pupuk kimia penggunaanya sudah tergollong praktis namun masyarakat kini mulai terkena dampak dari peggunaan pupuk kimia dalam jangka panjang justru akan sangat merusak lahan dan dampaknya tanaman sulit tumbuh dengan subur.
Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci – meskipun sudak bayak bertebaran pupuk kimia penggunaanya sudah tergollong praktis namun masyarakat kini mulai terkena dampak dari peggunaan pupuk kimia dalam jangka panjang justru akan sangat merusak lahan dan dampaknya tanaman sulit tumbuh dengan subur.


Masyarakat kini mulai bayak yang beralih ke teknik pertanian tempo dulu yaitu dengan memanfaatkan alam sebagai pupuk ataupun peptisida untuk bertanam, penggunaan pupuk dengan menggunakan pupuk organik tentu akan lebih menyehatkan meski dampaknya tidak instan tapi itu lebih baik dari pada menggunakan pupuk kimia.

Penggunaan pupuk organik tidak hanya berdampak pada kesuburan tanaman tetapi juga bermanfaat untuk lahan dalam jagka panjag, pemanfaatan air kencing kelinci utuk tanaman ialah metode yang ampuh untuk di kembagkan.

Urine kelinci ialah sumber kesuburan tanaman dengan pengelolaha urine kelinci dengan benar makan pertumuhan tanaman mampu di andalkan, pupuk kompos air urin kelinci sagat cantik untuk tanaman cabe, padi, sauan-sayuran dan ianin sebagaiya.
Berikut ialah ulasan Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci yang mampu di mafaatkan utul lahan pertanian modern :

1. Bahan yang di gunkan
Untuk membuat sebuah pupuk kompos organik kita terlebih dahulu meyiapkan materi yang akan di gunakan nantinya di antaranya ialah Urin kelinci sebanyak 100 liter,Gula pasir lebih kurang ½ kg yag di tambahkan tetes tebu, tanaman alam menyerupai knyit, lengkuas,tebu ireng, kencur, jahem daun jenu, brutowali, kecubung, umbi gandum  da daun pucung masing-masig berat 1,5 kg.

Tambahkan juga dari buah-buahan yang telah mulai membusuk seperti, pepaya, nanas,pisang klutuk,tomat,kulit melnjo merah, kecubung, gadug dan daun jenu.
Air rebusan kedelai lebih kurang 5 literdan air kelapa lebih kurang 5 liter dan air secukupnya.

Prosespembuatanya mampu di campur menjadi satu dalam sebuah tong besar tetapi sebelumnya dapat di pastika ramuan yang kita pakai di hancurkan terlebih dahulu hingga hancur dan halus, terserah mampu pai alat apa untuk menghancurkanya.

Proses fermentasi di lakukan lebih kurang 3 ahad yaitu debgan memasukkan campuran tersebut ke dalam tong dan setiap  hari usahakan di buka dan tutp krmbali drigen hal ini fungsinya ialah gas yang tersimpan di dalam drigen tidak menimblkan reaksi dampaknya drigen dapat meledak sewaktu-waktu.

2. Cara penggunan

Sebaiknya proses penggunaan dengan takaran yang pas yaitu dengan kadar 10%, 1 urine = 10 liter air, kalau penggunaannya di lakukan untuk daun sebaiknya gunakan 1 liter urin pertangki

Penambahan dam materi – materi menyerupai EM4, Simba, Mb, SOC mampu juga jadi materi perhiasan fungsinya biar pupuk kompos kelinci cepat jadi.

harga air kencing kelinci juga kalau di beli dari luar harganya cukup mahal makanya meding buat sendiri , pengolahan urine kelinci mampu menggunakan materi yang sempit.
Rekomendasi :   Keindahan Lubuak Tampuruang Padang, Sumatera Barat