Home INFORMASI Berbagai macam media tanam

Berbagai macam media tanam

302
0
Media tanaman merupakan komponen utama dalam berkembangnnya suatu jenis tanaman, Media tanaman bisa kita buat supaya tanaman yang akan kita tanaman nanti bisa hidup di tempat yang telah kita sediakan , untuk menentukan media tanaman yang akan kita pakai langkah yang pertama untuk memulai semua itu yaitu dengan melihat jenis tanaman yang akan kita kembangkan nanti.
Media tanaman merupakan komponen utama dalam berkembangnnya suatu jenis tanaman, Media tanaman bisa kita buat supaya tanaman yang akan kita tanaman nanti bisa hidup di tempat yang telah kita sediakan , untuk menentukan media tanaman yang akan kita pakai langkah yang pertama untuk memulai semua itu yaitu dengan melihat jenis tanaman yang akan kita kembangkan nanti.


Dalam penentuan jenis media tanaman yang akan kita pakai tidaklah mudah karena di setiap kawasan mempunyai tingkat iklim dan kelembapan angin yang berbeda – beda dan secara garis besar media tanaman harus bisa menjaga kelembapan akar pada tanaman yang bersifat mengikat, udara yang cukup untuk tanaman, setersediaan unsur hara dan banyak sekali macam kebutuhan lain yang semua itu hanya bisa di lakukan oleh media tanaman tertentu, kesalahan dalam penentuan media tanam akan berdampak proses pertumbuhan tanaman menjadi sulit berkembang bahkan juga tanaman bisa mati karena kekurangan zat-zat tersebut, Pemilihan media tanam juga sama halnnya dalam pembuatan media tambulapot.
Untuk menyesuaikan tanaman supaya bisa berkembang dengan baik memang jenis media tidaklah selalu sama dari satu tanaman ke tanaman lain prproses ini bisa di lihat dari tanaman yang akan kita tanam nanti, pada suatu wilayah contohnya asia tenggara, pada tahun 1940 mereka mulai menggunakan penggalan watu bata sebagai media tanam, materi bahan lain yang di gunakan menyerupai arang, sabut kelapa , kulit kelapa, batang pakis dan lain sebagainnya pada umumnnya pengunaan bahan-bahan tersebut pemguunaannya tidak di lakukan secara tunggual tetapi dengan menggabungkan dari bebebrapa jenis menjadi satu dengan perbandingan tertentu, proses pengabungan sendiri tentunnya tidaklah asal saja kita harus tau akan fungsi dan kebutuhan tanaman tersebut , kita ambil pola saja pengabungan media tanaman pada campuran pakis , arang yang di campur dengan perbandingan tertentu sehingga menjadi 1 jenis media gres yang baik untuk tanaman.
Agar kita memahami jenis-jenis media tanaman yang akan kita gunakan nanti tentunnya kita harus tau jenis –jenis media yang akan kita gunakan nanti, seorang yang sudah lama berkecimpung di bidang ini mungkin akan lebih mudah memahami hal ini tetapi untuk yang masih tahap awal mereka harus jeli dan bisa memahami dengan teliti. Medai tanam sendiri di bagi menjadi 2 jenis yaitu materi organic dan materi anorganik.

A. Bahan Organik
Media yang asal muasalnya dari materi organis sudah tentu berasal dari tanaman itu sendiri baik itu dari daun, akar,batang,buah,akar dan ranting semua sisa tanaman itu sendiri yang nantinnya kita manfaatkan menjadi media tanaman tentunnya dengan proses-proses tertentu yang tidak bisa pribadi di pakai untuk media tanamanan, materi organic baik di gunakan sebagai media tanaman tentunnya bukan tanpa alasan di karenakan di dalam kandungan bahan-bahan tersebut sudah memiliki unsur-unsur hara yang terkandung di dalamnnya yang dalam hal ini sangat baik bagi perkembaganan dan sangat di butukkan bagi tanaman nanti, pada pengunaan materi organi juga memiliki pori-pori makro yang posisisnya hampir seimbang sehingga sirkulasi udara pada dikala di gunakan sebagai media tanaman cukup baik dan juga baik juga sebagai pengikat makananan dan serapan air.

Pengunaan materi organis sebagai media tanaman selain mempunyai bayak keuntungan juga memepunyai kelemahan pada keuntungannya pada materi organic akan mengalami proses pelapukan yang di sebabkan mikroorganisme dan melalui proses tersebut akan menghasilkan karbondioksida (CO2), Air ( H2O) dan banyak sekali mineral yang semua itu sangat baik dan di butuhkan oleh tanaman tetapi untuk kelemahannya proses pengunaan materi organic akan mengalami pelapukan yang terlalu cepat hal ini akan berakitbat terlalu cepatnnya muncul bibit penyakit dan cara penaganannnya yaitu dengan menganti media tanaman dengan yang baru.

Beberapa jenis media organic yang bisa di gunakan sebagai media tanaman contohnnya yaitu arang, cacahan pakis, kompos,moss, sabut kelapa, pupuk sangkar dan humus.

1. Arang
Arang bisa berasal dari banyak sekali macam materi tanaman, bisa berasal dari batang pohon, tempurung kelapa, dan lain sebagainnya umumnnya pengunaan arang sebagai media tanaman di gunkanan sebagai penanaman tanaman bungga aggrek pada kawasan yang mempunyai kelembapan tinggi, penggunaan media arang kenapa di gunakan. Karena arang yaitu jenis media tanaman yang kurang tepat dalam mengikat air dalam jumblah yang begitu banyak dan keunikan penggunaan media arang dalam hal ini yaitu arang mempunyai sifat yang buffer ( penyangga ) ketika terjadi kekeliruan dalam proses  santunan unsur hara yang di berikan ke tanaman unsur yang terkandung di dalam arang akan menetralisir dan di adaptasikan.

Proses pengunaan media arang carannya yaitu dengan memotong-motong menjadi ukuran tertentu sehingga memudahkan dalam penempatannya di dalam pot .

2. Batang pakis
Pengunaan batang pakis juga bisa di gunakan sebagai media tanam, pada batang pakis sendiri di bagi menjadi 2 golongan yaitu batang pakis hitam dan coklat, batang pakis yang sering sekali di gunakan media tanam yaitu jenis batang pakis hitam .

Proses pengunaannya di lakukan dengan mencacah batang pakis menjadi beberapa episode sehingga bisa di masukkan ke dalam pot.

Keuntungan menggunakan batang pakis sendiri yaitu sifatnya yang mudah sekali dalam mengikat air dan berstruktur lunak sehingga sangat mudah di tembus oleh akar tanaman.

3. Kompos
Kompos sendiri merupakan hasil dari fermentasi yang bahan-bahan dasarnnya sendiri dari banyak sekali tanaman menyerupai dari daun, akar,rumput dan lain-lain yang di olah  dan di fermentasikan sehingga jadilah sebauh kompos yang fungsinnya sangat baik untuk media tanaman, penggunaan media tanam dari kompos ini sudah banyak yang mengunakannnya karena bayak keuntungan yang bisa di dapat dengan memanfaatkan kompos ini di antarannya yaitu bisa mengembalikan kesuburan tanah, melalui perbaikan sifat-sifat tanah baik yang berfifat kimiawi, maupun biologis, pada kompos juga terkandung unsur (N) yang sangat gerguna sekali untuk tanaman.

4. Humus

5. Sekam padi

6. Pupuk Kandang

7. Moss

8. Sabut Kelapa

A. Bahan Anorganik
Bahan –bahan anorganik yang di maksud dalam hal ini  yaitu jenis materi alami yang proses terjadinnya melalui proses pelapukan batuan di dalam bumi berjuta-juta tahun yang lalu proses ini terjadi karena banyak sekali macam melalui secara fisik, kimiawi, biologis dan lain-lain.


Di lihat dari bentuknnya mineral- mineral ini yang umumnya berasal dari batuan-batuan induk dapat di bagi menjadi 4 bentuk, yaitu krikil,pasir,debu,tanah liat. Selain materi –bahan tersebut pahan anorganik juga bisa mengunakan dari materi kimia yang di buat oleh pabrik pabrik contohnnya gel,spon,perlit,kain,kardus dan lain-lain.
Rekomendasi :   Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri