Home INFORMASI Air Terjun Saringgana yang Spektakuler

Air Terjun Saringgana yang Spektakuler

292
0

#atparadise | Salah satu tujuan wisata adventure terfavorit dikala ini ialah The Waterfall, Sarasah, Curug atau Air Terjun. Mengunjungi surga alam tipe ini merupakan suatau pengalaman petualangan yang sangat seru apalagi jikalau spot yang dikunjungi berada jauh di dalam hutan atau masih belum terekspos. Di Pulau Sumatera, mampu dikatakan provinsi Sumatera Utara ialah Jawaranya destinasi Air Terjun diikuti oleh Sumatera Barat.

Air Terjun Saringgana ( suwandichandraa )

Salah satu yang paling spektakuler di Sumatera Utara ialah Air Terjun Saringgana, Air terjun dengan ketinggian lebih dari 60 meter ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jikalau anda sempat melancong ke Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Lokasi dan Cara Menuju

Saringgana Waterfall berada di Taman Nasional Gunung Leuser tepatnya di hutan Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Untuk mencapai Desa Sulkam, sebaiknya anda menggunakan kendaraan yang prima sebab aksesibilitas yang tidak terlalu bagus. Dari Medan sendiri diharapkan waktu sekitar 3 jam melewati Kota Binjai dan Bukit Lawang.

Lokasi Air Terjun ( wikimapia )

Untuk mencapai Desa Sulkam dan tempat parkir, medan yang ditempuh akan semakin berat, jalan berbatu yang menanjak dan menurun, apalagi jikalau sedang hujan ataupun pasca hujan. Bahkan sesaat sebelum mencapai tempat parkir pengunjung harus menaklukkan anutan air sungai yang dangkal, adventurous banget pokonya. Dari tempat parkir dilanjutkan dengan trekking memasuki hutan, namun tidak butuh waktu lama untuk mencapai spot Air Terjun ini.

Pesona dan Daya Tarik

Air Terjun Saringgana ( dirgabangun )

Air terjun Saringgana merupakan salah satu yang paling spektakuler di Sumatera Utara riam ini memiliki debit yang cukup deras, ditambah dengan keindahan alam sekitar yang masih asri. Dentuman air yang menerpa cukup deras namun masih mampu didekati untuk berfoto maupun mandi, pesona riam ini berhasil menarik banyak petualang untuk datang, apalagi dikala selesai pekan, tempat parkir yang berada di dalam hutan pun penuh.

Rekomendasi :   MENIKMATI KEINDAHAN PULAU SIKUAI DI SUMATERA BARAT

Aktifitas (Something to See and Do)

Pesona Air Terjun Saringgana Langkat ( meylubis )

Perjuangan menaklukan jalanan desa ditambah trekking ke lokasi terbayar lunas dengan pemandangan yang ditawarkan riam ini. Selain memiliki banyak spot untuk berfoto atau memotret baik dari kejauhan maupun dari dekat, bermain air dan mandi di dekat riam tidak mampu dilewatkan. Namun tentu anda harus berhati-hati sebab watu dan batang kayu yang berada di sekitar riam sangat licin. Selain itu pengunjung juga mampu relaksasi mendengar deru riam dan menikmati segarnya udara.

Harga Tiket dan Info lainnya

Saringgana Sulkam ( dirgabangun )

Berdasarkan berita yang didapat masih belum ada retribusi tetap untuk memasuki kawasan riam ini. Namun pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 per sepeda motor, harga yang sangat akrab untuk menerima sensasi surga alam ini.

Saringgana Kutambaru Marike ( yovie_oi )

Surga alam ini merupakan anugrah Tuhan, jadi jagalah kebersihannya dengan tertib sampah dan tertib perilaku di alam. Jangan nodai dengan sampah maupun kelakuan yang tidak pantas.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/