Home INFORMASI 3 Grand Canyon KW yang Ada di Indonesia

3 Grand Canyon KW yang Ada di Indonesia

284
0

Grand Canyon merupakan pesona alam yang terletak di negara bab Arizona, Amerika Serikat. Bentang Grand Canyon tercipta oleh Sungai Colorado yang telah memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Sesuai dengan namanya Grand Canyon memiliki ukuran yang luar biasa, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 hingga 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Pesona ngarai ini bahkan membuat BBC menempatkannya sebagai salah satu dari 50 daerah yang harus dikunjungi sebelum meninggal, Ondeh Mandeh!

Indonesia merupakan negara tropis dengan kekayaan alam yang luar biasa, salah satu potensinya tentu saja ngarai-ngarai, tebing, lembah hingga sungai yang sangat mempesona dan potensial. Bahkan banyak yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Diantara keindahan dan pesona tersebut, segelintir objek wisata alam di Indonesia dianggap menyerupai dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Lalu dimana kah tempat-tempat yang menyerupai Grand Canyon tersebut? Berikut yaitu 3 Grand Canyon ala Indonesia yang paling cantik dan terkenal;

Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon Semarang (@ferrinando)

Brown Canyon di Semarang yaitu hamparan tebing yang cukup tandus yang terletak di Desa Rowosari, Tembalang, Semarang. Sejatinya daerah ini yaitu tambang galian pasir, tanah urug dan watu padas. Sebelum membentuk tebing tebing menyerupai Grand Canyon, daerah ini sebelumnya yaitu bukit, setelah digali dan diambil materialnya terbentuklah tekstur tebing yang unik yang sekarang menjadi daerah wisata dan hunting foto.

Brown Canyon Semarang (@faridbrawijaya)

Brown Canyon memang tidak terbentuk secara alami menyerupai Grand Canyon Arizona atau Ngarai Sianok Bukittinggi, namun pemandangan yang tercipta tetap unik dan menjadi background foto yang menarik. Tidak hanya selfie saja, pengunjung yang datang ke Brown Canyon semarang bahkan bertujuan untuk mengambil foto prewedding, Ondeh Mandeh!

Rekomendasi :   Resep telur balado paling lezat

Ngarai Sianok, Bukittinggi

Ngarai Sianok (The Fun Fire)

Ngarai Sianok merupakan objek wisata alam andalan kota Bukittinggi yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi dengan kecamatan IV Koto di Kabupaten Agam. Lembah ini memanjang dan berkelok dari Bukittinggi, Koto Gadang, Nagari Sianok Anam Suku dan berakhir di Kecamatan Palupuah dengan bentang sekitar 15 km. Ngarai Sianok terbentuk dari patahan yang memisahkan daratan menjadi 2 bagian, dalam jurangnya sekitar 100 m dan lebar mencapai 200 m. Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau, dilembah Ngarai Sinaok Juga mengalir Batang Sianok (Sungai Sianok).

Ngarai Sianok HD (unknown)

Panorama Ngarai Sinaok dapat dinikmati dari Taman Panorama yang terletak tidak jauh dari Jam Gadang. Pemandangan Ngarai yang spektakuler dapat anda nikmati dari taman yang juga merupakan lokasi Lubang Jepang ini. Jika anda ingin menjelajahi Ngarai Sinaok lebih dekat, anda mampu menapaki Jenjang Koto Gadang atau Great Wall of Koto Gadang, suatu objek wisata yang juga menyerupai dengan Tembok Besar Tiongkok. Selain itu juga terdapat Janjang 1000 suatu objek wisata berupa ratusan anak tangga yang terdapat di tebing Ngarai Sianok.

Green Canyon, Ciamis

Wisata Green Canyon (@habil_ahmad)

Sebenarnya Green Canyon tidak menyerupai sama sekali dengan Grand Canyon. Green Canyon merupakan plesetan dari Grand Canyon yang dijuluki pertama kali oleh pelancong asal Prancis pada tahun 1993 silam. Sementara itu orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Green Canyon ketika ini merupakan salah satu tujuan wisata alam favorit di Jawa Barat yang mampu diexplore menggunakan perahu.

Rekomendasi :   Resep Membuat Kue Apem Super Enak dan Lembut
Cukang Taneuh Green Canyon (@dikirivercanyon)

Green Canyon terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari pengikisan tanah jawaban pemikiran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

Itulah pesona Indonesia yang dianggap menyerupai secara sengaja dan tidak sengaja dengan Grand Canyon. Potensi wisata tersebut patut dijaga dan dikembangkan oleh semua pihak demi kemajuan Pariwisata Indonesia. Majukan Indonesia dengan Sadar Wisata.
Sumber http://www.ondehmandeh.com/