Home INFORMASI 10 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

225
0
Manfaat daun talas untuk kesehatan – Talas merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan di kebun. Batangnya berbentuk memanjang tanpa cabang namun memiliki struktur yang berongga. Tanaman ini memiliki lapisan, sehingga tidak akan lembap bila terkena air. Biasanya batang talas ini lebih dikenal dengan sebutan ‘lompong’, yang memiliki tekstur lunak ketika dimasak.
Talas ini bukan hanya memiliki rasa enak dan lembut ketika dikunyah, akan tetapi juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang tinggi pada daun dan batang talas ini sangatlah baik untuk kesehatan pencernaan. Sehingga aman untuk dikonsumsi. Biasanya daun dan batang talas ini dimasak dengan cara dijadikan sayur asam atau sayur santan. Memang terkadang sedikit gatal kalau dimakan. Namun apabila pengolahannya benar, efek gatalnya akan hilang.
Berbicara perihal manfaat daun talas, bergotong-royong sangatlah banyak. Kabar bangga bagi anda yang suka dengan sayuran yang satu ini. Selain enak juga dapat dijadikan sebagai obat herbal alami untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun talas untuk kesehatan:
10 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan
10 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

1. Menambah kekebalan badan menjadi lebih kuat

Daun talas memiliki kandungan aneka macam macam vitamin dan zat antioksidan yang bisa menambah kekebalan tubuh. Sehingga badan menjadi lebih berpengaruh ketika menghadapi aneka macam macam gangguan yang menyerang kesehatan. Dan kesehatan badan pun menjadi lebih stabil dari sebelumnya.

2. Mengobati diare

Jika anda mengalami duduk perkara diare, jangan dibiarkan begitu saja, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan daun talas. Siapkan 30 gr batang talas dan 30 gr patikan kebo, lalu basuh semua materi dan potong-potong seperlunya. Kemudian rebus dalam 2-3 gelas air bersih. Saringlah minuman tersebut dan bagi menjadi 2 gelas. Minumlah di pagi dan sore hari.

3. Mengobati biduren

Biduren juga bisa anda obati dengan memanfaatkan lompong atau daun talas. Siapkan 50 gr akar talas dan 150 gr iga sapi. Cuci kedua materi hingga benar-benar bersih. Silahkan ditim selama 2 jam. Ambliah airnya lalu minumlah selagi masih dalam keadaan hangat. Lalu iga sapinya dimakan secara eksklusif atau bisa dijadikan lauk.

4. Mengobati disentri

Untuk mengobati disentri, siapkanlah 20 gr akar talas segar, lalu basuh hingga benar-benar bersih dan potonglah seperlunya saja. Rebuslah dengan 2 gelas air. Saring dan ambil airnya, lalu aduk hingga rata dan minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat. Lakukan cara ini hingga benar-benar sembuh.

5. Mengurangi rasa kelelahan

Bagi anda yang sering bekerja keras di lapangan hingga sering mencicipi kelelahan, anda bisa memanfaatkan daun talas untuk mengurangi rasa lelah tersebut. Kandungan indeks glimetik yang terdapat pada lompong atau daun talas ini akan memperlihatkan efek ketenangan pada episode otot yang mencicipi kelelahan. Sehingga rasa lelah akan lebih berkurang.

6. Cadangan energi dalam tubuh

Selain mengurangi rasa lelah dan meningkatkan kekebalan tubuh, daun talas juga dapat membantu memperlihatkan cadangan energi dalam badan anda apabila suatu ketika kekurangan. Daun talas mengandung karbohidrat yang bisa menyuplai kalori yang diharapkan badan sebagai materi untuk acara sehari-hari.

7. Obat alami radang ginjal

Ginjal ialah salah satu organ penting dalam tubuh. Ginjal berfungsi menyaring urin dan dikeluarkan berupa uretra. Jika kesehatan ginjal terganggu, tentu urin tidak akan tersaring dengan baik. Konsumsilah daun talas dengan cara menyiapkan 500 gr batang talas atau daging talas,  lalu kupas kulitnya dan jemurlah pada terik matahari. Setelah kering, gilinglah hingga menjadi debu lalu ambil setengah sendok makan dan segelas air yang masih panas. Tambahkan sedikit gula merah atau madu dan aduk hingga merata. Minumlah 1-2 kali sehari sampa penyakit radang ginjal membaik.

8. Obat alami nyeri sendi dan otot

Nyeri otot sendi juga bisa anda obati dengan memanfaatkan daun talas. Caranya cukup mengupas batang talas secukupnya, lalu bersihkan dengan air. Blender daging tersebut. Anda juga bisa menambahakan 2 sendok the cuka beras putih dan beberapa sendok makan minyak wijen. Setelah semuanya tercampur rata anda bisa mengoleskan pada episode kaki yang terasa nyeri. Lakukan cara ini secara rutin.

9. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak setabil, kadang naik dan kadang juga turun memang sangat mengganggu kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya biar bisa stabil, silahkan manfaatkan daun talas. Kandungan zat kalium yang terdapat pada lompong atau daun talas ini bisa menstabilkan tekanan darah dengan baik dan efektif. Konsumsilah secara rutin biar tekanan bisa lebih stabil.

10. Menyehatkan jantung

Hiduplah dengan jantung yang sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung, selain berolahraga secara rutin, anda juga perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi. Konsumsilah daun talas untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat pada lompong atau daun talas ini memiliki kegunaan untuk mengatur detak jantung dengan baik. Sehingga akan membuat detak jantung lebih stabil dan terjaga kesehatannya.
Demikianlah berita tentang  10 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.


Sumber http://www.manfaatcantiksehat.com/

Rekomendasi :   Kreasi Resep Kentang Isi Sarden Mantap