Home INFORMASI 10 BANGUNAN YANG MENJADI IKON DUNIA

10 BANGUNAN YANG MENJADI IKON DUNIA

216
0

10 Bangunan Yang Menjadi Ikon Dunia  

ReyGina Wisata | Pemandangan alam yang mengagumkan dan menakjubkan dengan yanahnya yang subur, salju pegunungan, bunga-bunga mekar di taman serta air sungai yang tenang dan segar  telah diberikan alam untuk kita nikmati. Sementara kontribusi insan untuk alam yaitu struktur bangunan yang indah, gedung-gedung pencakar langit  dari mulai New York sampai Dubai. Manusia telah sama-sama memperlihatkan kontrubusi dalam mempercantik suasana dan pemandangan mengagumkan dari mulai Tokyo sampai Alaska dengan  struktur bangunan yang mengagumkan yang patut untuk kita melihatnya. 

Kami telah mengunpulkan 10 Bangunan Yang Menjadi Ikon Dunia dari aneka macam daerah disudut-sudut bumi untuk Anda lihat dan nikmati keindahannya.

10. Sydney Opera House

Bangunan Ikon Dunia Sydney Opera House

Sydney Opera House dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007. Opera House Sydney yaitu salah satu dari 10 Bangungan Yang Menjadi Ikon Di Dunia. Berdiri tegak setinggi 185 meter dengan lebar 120 meter gedung ini dirancang oleh Arsitek Denmark Jorn Utzon. 

Desain ini dipilih diantara 232 desain yang diajukan dalam sebuah kompetisi desain internasional pada tahun 1967 dan menganugerahkan beliau sebagai pemenangnya dengan mendapatkan hadiah sebesar 5000 pound. Pembangunannya dimulai 2 tahun setelah pengumuman pemenang desain dengan memperkerjakan 10.000 orang pekerja.

Gedung ini menghabiskan dana sebesar 102 juta dolar Australia dan pembukaannya secara resmi dilakukan pada tanggal 20 Oktoner 1973. dengan opra pertama dilakukan untuk Perang Sergei Prokofiev dan Perdamaian pada tanggal 28 September 1973.

Sekitar 30 ribu program pernah dilangsungkan di Sydney Opera House dengan pengunjung mencapai 8 juta orang setiap tahunnya.

9. Menara Eiffel
Bangunan Ikon Dunia Menara Eiffel
Menara Eiffel dibangun pada tahun 1889 di Paris di desain oleh dua insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Ia dibangun sebagai pintu masuk Pameran Dunia tahun 1889. Menara ini diambil dari nama insinyur Gustave Eiffel yang membangun Menara Eiffel. Dia juga insinyur dan arsitek menara setinggi 324 meter ini dengan berat sekitar 10.000 ton. 

Menara Eiffel yaitu menara yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan lebih 7 juta orang setahunnya. Butuh 2 tahun, 2 bulan dan 5 hari untuk membangun Menara Eiffel ini. 

8. Empire State Building

Bangunan Ikon Dunia  Empire State Building

Empire State Building yaitu bangunan tegak setinggi 1250 kaki atau setinggi 102 lantai yang menghiasi langit Manhattan. Bangunan ini dirancang oleh William F. Lamb. Butuh 1 tahun 45 hari untuk menyelesaikan bangunan ini. Gedung ini diresmikan oleh cucu mantan Gubernur Smith dan lampu dinyalakan oleh Presiden Herbert Hoover.
Bangunan ini memiliki  85 lantai komersial dan 16 lainnya merupakan tower art deco serta lantai 103 yang hanya mampu diakses melalui tangga dari lantai 102 dan diharapkan izin khusus untuk menuju kesana. 
The Empire State Building mendapatkan rating LEED emas pada bulan September 2011dan merupakan gedung tertinggi untuk Desain Energi dan Lingkungan (LEED) bangunan bersertifikat di Amerika Serikat.
7. Notre Dame de Paris
Bangunan Ikon Dunia Notre Dame de Paris
Notre Dame de Paris “Wanita Paris” yaitu sebuah katedral katolik yang merupakan kediaman resmi Uskup Agung Paris. Monumen megah sepanjang 130 meter dengan tinggi 35 meter dan lebar 48 meter mulai dibangun pada tahun 1163 pasca dan mengalami pengrusakan dan pemulihan setiap periodenya. 
Bentuk yang sekarang ini kita lihat ini yaitu hasil dari renovasi yang dilakukan pada tahun 1345. Ini yaitu salah satu struktur bangunan paling ikonik di Paris dan juga salah satu Bangunan Yang Menjadi Ikon Di Dunia. 
Bangunan ini juga dikenal memiliki organ terbesar di dunia dengan lonceng besarnya yang indah. Katedral merupakan bangunan pertama di dunia yang melayani untuk umum dan dianggap sebagai salah satu teladan terbaik dari Bangunan Gothic di Perancis.
6. Casa Mila
Bangunan Ikon Dunia Casa Mila
Casa Mila dikenal juga sebagai La Pedrera dan dirancang oleh arsitek Antoni Gaudi untuk orang kaya Roser Segimon dan Pere Mila di Barcelona, Spanyol. Di butuhkan waktu enam tahun untuk membuat bangunan ini yaitu dari tahun 1906 – 1912. 
Bangunan ini memiliki ruang 1.323 dari keseluruhan lantainya. Bangunan ini dikritik alasannya yaitu desain yang sangat berani dan modernistik, banyak inovasi struktural yang meliputi bab depan dari watu dan bak dan lantai bebas dari dinding menahan beban dan garasi bawah tanah.
Struktur bangunan seluruhnya terbuat dari watu alam dan tidak memiliki garis lurus. Bangunan ini dirancang begitu sehingga batasan dinding tidak mensugesti stabilitas bangunan. Saat ini bangunan Casa Mila milik dari Fundacio Catalunya-La Pedrera. Bangunan ini juga merupakan sentra budaya untuk sejumlah acara yang berbeda yang diselenggarakan oleh Fundacio Catalunya-La Pedrera dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984.
5. Cathedral of Brasilia
Bangunan Ikon Dunia  Cathedral of Brasilia
Cathedral of Brasilia yaitu karya seni keagamaan modern di Brasilia, Brazil. Bangunan ini yaitu Bangunan Kristen Roma yang melayani kedudukan dari Uskup Agung Brasilia yang dirancang oleh Oscar Niemeyer. Pembangunnya di mulai pada tahun 15 September 1958 dan selesai pada 21 April 1960. 
Setelah beberapa kali penundaan, Cathedral of Brasilia dibuka secara resmi pada 31 Mei 1970 oleh Kardinal D. Eugenio  Salles. Bangunan ini juga dinyatakan sebagai Monumen Bersejarah dan Arsitik Nasional pada tanggal 15 Juli 1990.
Katedral ini memiliki struktur hiperbolik mencolok yang pernah dibangun dengan 16 kolom beton masing-masing seberat 90 ton. Pintu masuk katedral melalu lorong gelap setelah itu muncul ruang terperinci dengan atap dari kaca. Dengan desain yang menakjubkan ini mungkin merupakan Bangunan Yang Menjadi Ikon Di Dunia.
4. The Shard
The Shard yaitu bangunan setinggi 309,6 meter dengan 96 lantai yang terletak di London, Inggris. Pembangunannya di mulai pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2012 lalu. The Shard diresmikan oleh Perdana Menteri Qatar, Hamad bin Jassin bin Jabber al Thani. Sebuah proyek Qatar dari Seller Properti Group.   
Renzo Piano merancang Shard mirip patung puncak menara yang muncul dari Sungai Themes. Memiliki 11.000 jendela beling dan 56.000 meter persegi beling fasad. Gedung ini dirancang dengan efisiensi energi dalam pikiran dan banyak menggunakan materi dari daur ulang. Bangunan ini melayani apartemen, hotel, kantor dan galeri seni.
3. Burj Khalifa
Bangunan Ikon Dunia Burj Khalifa
Burj Khalifa adalah Gedung Tertinggi Di Dunia dan Bangunan Yang Menjadi Ikon  Dunia. dengan ketinggian mencapai 829.8 meter, Burj Khalifa dirancang oleh Adrian Smith. Gedung yang terletak di kota Dubai, Uni Emirat Arab ini dimulai pembangunannya pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2009. 
Desain kontruksi Burj Khalifa ini terinspirasi oleh Bunga Hymenocallis dan di resmikan pada tahun 2010 sebagai bab dari Proyek Dubai Downtown. Gedung ini menyediakan daerah tinggal. hotel dan juga laboratorium pengamatan di bangunan 163 lantai. Selain menjadi Gedung Tertinggi Di Dunia juga Bangunan yang berdiri bebas tertinggi di dunia, Lantai Tertinggi Di Dunia, Pengamatan Observasi Luar Luar Ruangan Tertinggi Di Dunia, Lift Terpanjang Di Dunia.
2. Taj Mahal
Bangunan Ikon Dunia Taj Mahal
Taj Mahal merupakan salah satu keajaiban arsitektur yang terbuat dari marmer putih yang terletak di tepi Sungai Yamura di Agra, India. Bangunan ini dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri tercintanya Mumtaz Mahal. Gedung ini di arsiteki oleh Ustad Ahmad Lahauri dan dibutuhkan sekitar 22.000 pekerja untuk membangunnya. 
Taj Mahal merupakan karya Persia dan Mughal Aristektur. Perubahan warna Taj Mahal dari merah muda di pagi hari ke putih susu di malam hari dan warna emas di malam hari ketika diterangi oleh sinar rembulan dikatakan ibarat suasana hati Ratu Shah Jahan. 
Sekitar 8 juta wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi Taj Mahal setiap tahunnya. Hingga bangunan Taj Mahal dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Karena keindahannya yang sangat mempesona, Taj Mahal merupakan salah satu Bangunan Yang Menjadi Ikon Dunia.
1. Ka’bah
Bangunan Ikon Dunia Ka'bah
Ka’bah merupakan daerah beribadah kepada Tuhan SWT yang pertama kali di didirikan diatas permukaan bumi. Dengan bentuk mirip kubus bangunan ini terletak di ditengah Masjidil Haram di kota Mekkah, Arab Saudi. Bangunan ini merupakan monumen suci bagi ummat muslim (ummat Islam) dan merupakan bangunan yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah patokan untuk hal-hal yang bersifat ibadah bagi ummat Islam di seluruh dunia. Selain itu Ka’bah juga merupakan bangunan yang wajib dikunjungi oleh ummat Islam pada trend haji untuk sekali selama seumur hidup.
 
Struktur agung ini berbentuk kubus bata yang terbuat dari watu granit seluas 13,1 meter persegi dengan sisi-sisinya berukuran 10,03 meter dan 12,86 meter. Di dalam Ka’bah terbuat dari Batu Granit dan Batu Kapur. Pada awalnya Ka’bah terbuka untuk semua ummat namun alasannya yaitu banyaknya pengunjung yang datang karenanya dibatasi. 
 
Pada awalnya Ka’bah memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. dengan jendela pada satu sisinya. Sekarang Ka’bah hanya memiliki satu pintu dan tidak memiliki jendela. Hingga dikala ini Ka’bah merupakan Bangunan Yang Menjadi Ikon Dunia terutama oleh ummat Islam dari penjuru dunia.
 
Nah itulah 10 Bangunan Yang Menjadi Ikon Dunia. Sebagaimana yang kita lihat bersama, bangunan-bangunan ini memang mengagumkan dan sangat menakjubkan.
 
  
sumber:wonderlist.com       


Rekomendasi :   10 Game Racing Terbaik PSP